Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Siti Rahmadani Nur Indah Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar, pengaruh kecemasan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dan model pembelajaran konvensional dengan kecemasan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri 3 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain factorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol dan X MIA-1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket kecemasan belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Dan analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran (kooperatif tipe Course Review Horay dan konvensional) berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai p-value 0,000; (2) kecemasan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai p-value 0.000; dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecemasan belajar matematika siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 3 Tarakan dengan nilai p-value 0.417.

Kata Kunci: Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, Kecemasan Belajar Matematika

This research aims to study the effect of cooperative learning model of Course Review Horay type and conventional learning model on learning outcomes, the effect of students learning anxiety on learning outcomes, and the effect of interaction between cooperative learning model of Course Review Horay type and conventional learning model with students learning anxiety on learning outcomes of class X MIA SMA Negeri 3 Tarakan. The research was conducted in the odd semester of academic year 2017/2018 in SMA Negeri 3 Tarakan. The research is a quasi experiment with factorial 2x3 design. The population of this research is all students of class X MIA SMA Negeri 3 Tarakan. The sampling technique was simple random sampling. The sample of this research are class X MIA-3 as control class and X MIA-1 as experiment class. The data collection was conducted by using learning result test and questionnaire of student’s mathematics learning anxiety. The technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis included mean and standard deviation. And inferential analysis used the two way analysis of variance. Based on the result of analysis with 5% significant level, can be concluded that : (1) The learning models (cooperative Course Review Horay type and conventional) have an effect on learning outcomes result with p-value 0,000; (2) The learning anxiety have an effect on learning outcomes with p-value 0,000; (3) There is no interaction effect between the learning model and the anxiety of learning mathemathics of student on learning outcomes of class X MIA SMA Negeri 3 Tarakan with p-value 0,417. Keywords: Course Review Horay (CRH), Learning Outcomes, Mathematic Learning Anxiety

Detail Informasi