Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Siti Fauziah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran “Course Review Horay (CRH)” terhadap minat belajar matematika siswa kelas IX MTs Negeri Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di MTs Negeri Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX MTs Negeri Tarakan, yaitu kelas IX-A, IXB, IX-C, IX-D, dan IX-E dengan jumlah siswa 143, yang terdiri dari 69 siswa laki-laki dan 74 siswa perempuan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas kelas IX-C sebagai kelas kontrol dan kelas IX-E sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan angket minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi ratarata hitung, varians dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis uji t.
Hasil pengujian beda dua pihak sebelum perlakuan diperoleh nilai signifikan 0,675 sehingga dapat dinyatakan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki minat belajar matematika yang sama. Setelah perlakuan dengan pengujian pihak kanan terlihat bahwa nilai signifikan 0,000 sehingga dapat dinyatakan minat belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari minat belajar matematika kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Course Review Horay (CRH), Minat Belajar Matematika Siswa

This study aims to determine the effect of learning model Course Review Horay (CRH) towards students’ interest in learning math to ninth grade students of MTs Negeri Tarakan. The research was conducted in the first semester in academic year 2016/2017. This research used a Quasi Experimental research with Nonequivalent Control Group Design. The population of this research were all the students in class IX-A, XI-B, IX-C, IX-D, and IX-E. The total number of students are 143 which consists of 69 male and 74 female students. The sample used was simple random sampling. The sample were the students of IX-C as control group and IX-E as experimental group. Technique of collecting the data was a questionnaire for students’ interest in learning math. Data were analyzed using descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis consists of arithmetic mean, variance and standard deviation. Inferential analysis using t-test analysis. Different test result of two parties before the treatment gained a significant value up to 0,675 so it can be stated that experimental and control class has the same interest in learning math. The result of right-handed testing after the treatment was significant 0,000. The conclusion of the test was the experimental class shows more interest in learning mathematics rather than control class. Based on the analysis with 5% significances, it can conclude that Course Review Horay (CRH) learning model can effect the students’ interest in learning Mathematics. Keywords: Learning Model, Course Review Horay (CRH), Math Learning Interest

Detail Informasi