Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan Ditinjau Dari Kemandirian Belajar | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan Ditinjau Dari Kemandirian Belajar

Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan Ditinjau Dari Kemandirian Belajar

Pengarang : Riska Ana Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran (Strategi Pembelajaran Think Talk Write dan konvensional) terhadap kemampuan komunikasi matematika, pengaruh kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan komunikasi matematika, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran (Strategi Pembelajaran Think Talk Write dan konvensional) dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 8 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-3 sebagai kelas kontrol dan VII-6 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika dan angket kemandirian belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran (Strategi Pembelajaran Think Talk Write dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan nilai p-value 0,02, (2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap kemampuan komuniakasi matematika dengan nilai p-value 0,00, dan (3) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan dengan nilai p-value 0,41.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematika, Kemandirian Belajar Siswa

This research aims to study the effect of learning models (Think Talk Write Learning Strategy and conventional) to mathematic communication skill, the effect of Learning Autonomy high, medium and low to mathematic communication skill, and the interaction effect between learning models and Learning Autonomy to mathematic communication skill at the seventh grade students of SMPN 8 Tarakan. This research was held on the first semester of the academic year 2017/2018 in SMPN 8 Tarakan. The research is a quasi experiment with factorial 2×3 design. The population of this research is all of the seventh grade classes of SMPN 8 Tarakan. The sampling technique was simple random sampling. The sample of this research are class VII- 3 as control class and VII-6 as experiment class. The data collection was conducted by mathematic communication skill test and a Learning Autonomy questionnaire. The technique of data analysis are descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis included mean and standard deviation. Inferential analysis used two way analysis of variance. Based on the result of the analysis with a significance level of 5%, it can be concluded that (1) learning models (Think Talk Write Learning Strategy and conventional) have an effects the mathematic communication skill with the p-value of 0,02, (2) the Learning Autonomy have an effect the mathematic communication skill with p-value of 0,00, and (3) the interaction between two learning models and Learning Autonomy do not effect the mathematic communication skill at the seventh grade students of SMPN 8 Tarakan with a p-value of 0,41. Keywords: Think Talk Write Learning Strategy, Mathematic Communication Skill, Learning Autonomy

Detail Informasi