
Optimalisasi Pemanfaatan Area Parkir Di Lingkungan FKIP Dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan Dengan Menggunakan Metode Branch And Bound
Pengarang : Karina Budi Lestari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: seberapa besar kapasitas maksimum area parkir di lingkungan FKIP UBT berdasarkan model matematika dari kapasitas parkir yang ditinjau dari beberapa sudut; dan desain area parkir di lingkungan FKIP UBT yang memiliki kapasitas maksimum.
Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 area parkir. Di penelitian ini, Program Linier Integer dengan metode Branch and Bound digunakan untuk menentukan sudut parkir yang optimal. Kasus yang berbeda diformulasikan untuk mempertimbangkan tata letak yang berbeda dan dimensi area parkir untuk memilih sudut parkir yang akan memberikan jumlah ruang maksimum. Selain itu, aplikasi Lindo digunakan untuk mengetahui sudut parkir yang optimal untuk setiap area parkir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Model matematika dari kapasitas parkir di lingkungan FKIP UBT merupakan program linier. Kapasitas maksimum area parkir di lingkungan FKIP UBT yang dibagi dalam 5 area, sudut parkir 90? memberikan kapasitas maksimum untuk area parkir H sebanyak 34 motor dan area parkir K sebanyak 38 motor, area parkir I sebanyak 725 motor dan 26 mobil, dan area parkir L sebanyak 6 mobil. Sedangkan area parkir J, sudut parkir 45? memberikan kapasitas maksimum untuk motor sebanyak 59 dan sudut parkir 60? untuk mobil sebanyak 7 mobil.
Kata kunci: Program Linier Integer, Sudut Parkir, Branch and Bound dan Desain Parkir
This research aims to know: how much maximum capacity of parking area in FKIP UBT is based on a mathematical model of parking capacity viewed from several angels; and designing parking area in FKIP UBT which has maximum capacity. This type of research is case study. The data collection techniques used in this research were observation and documentation. The research subject were 5 parking areas. In this research, Integer Linear Programming with Branch and Bound method is used to determine the optimal parking angel. Different cases are formulated considering different layouts and dimensions parking area in order to choose the parking angel which will provide the maximum number of space. Furthermore, the Lindo software is utilized to find out the optimal parking angel for each given area. The findings showed that: the mathematical model of parking capacity in FKIP UBT is linear programming. Maximum capacity of parking area in FKIP UBT which is divided into 5 areas, the 90? parking angel provides maksimum capacity for parking area H as much 34 motorcycles and K as much 38 motorcycle, parking area I as much 725 motorcycles and 26 automobiles, and parking area L as much 6 automobiles. As for the parking area J, 45? parking angel provides maksimum capacity of motorcycle as much 59 motorcycles and 60? parking angel for automobile as much 7 automobiles. Keywords: Integer Linear Programming, Parking Angel, Branch and Bound and Parking Design