
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Jepri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematika lisan dan tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 3 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-9 sebagai kelas eksperimen dan VIII-5 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematika (posttest). Data dianalisis menggunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 22.0 for Windows.
Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata pencapaian kemampuan komunikasi matematika lisan siswa berdasarkan data lembar observasi pada kelas eksperimen adalah 2,46 dan pada kelas kontrol adalah 0,18. Skor rata-rata pencapaian kemampuan komunikasi matematika tulisan siswa berdasarkan data hasil posttest pada kelas eksperimen adalah 2,55 dan pada kelas kontrol adalah 2,13. Hasil analisis statistika inferensial untuk kemampuan komunikasi matematika lisan siswa menggunakan uji Mann Whitney U dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000 sehingga H0 ditolak. Untuk kemampuan komunikasi matematika tulisan siswa menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000 sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika lisan dan tulisan siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih tinggi secara signifikan dari skor rata-rata kemampuankomunikasi matematika lisan dan tulisan siswa yang diberikan penerapan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan atau model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika.
Kata Kunci: Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematika
The objective of this study is to find out the effect of cooperative learning model Think Talk Write type on oral and written mathematics communication skill at the eighth grade students of SMP Negeri 3 Tarakan. This study was conducted on the even semester of the academic year 2017/2018 at SMP Negeri 3 Tarakan. This study is a quasi experimental research by posttest only control design. The population of this study is all class of the eigth grade students in SMP Negeri 3 Tarakan. The sample of this study is VIII-9 as an experimental class and VIII-5 as a control class. The sample was taken by using simple random sampling. This study used observation sheet and mathematics communication skill test (posttest) in data collection. The data was analyzed by using statistical analysis with the help of SPSS software 22.0 version for Windows. The result of descriptive statistical analysis show that the mean scores of oral mathematic communication skill of students based on the observation sheet data in the experimental class is 2,46 and the control class is 0,18. The mean scores of written mathematic communication skill of students based on the posttest result data in the experimental class is 2,55 and the control class is 2,13. The result of inferential statistical analysis for oral mathematic communication skill of students using Mann Whitney U test with 5% of significant level (? = 0,05) obtained p-value is 0,000 therefore it means that H0 was rejected. For written mathematic communication skill of students using independent sample ttest with significant level 5% (? = 0,05) obtained p-value is 0,000 therefore it means that H0 was rejected. It can be concluded that the mean scores of oral and written mathematic communication skill of students who were given treatment using cooperative learning model Think Talk Write type was significantly higher than the mean scores of oral and written mathematic communication skill of students who were given the application of conventional way at the eighth grade students of SMP Negeri 3 Tarakan or cooperative learning model Think Talk Write type had an effect on mathematic communication skill. Keywords: Think Talk Write, Mathematic Communication Skill