Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Model-Eliciting Activites (MEAs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Directed Learning Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Model-Eliciting Activites (MEAs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Directed Learning Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Model-Eliciting Activites (MEAs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Directed Learning Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Indah Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan pembelajaran (MEAs dan konvensional) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, pengaruh self-directed learning tinggi, self-directed learning sedang dan self-directed learning rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran (MEAs dan konvensional) dengan self-directed learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SMP Negeri 9 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol dan VIII-1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket selfdirected learning. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran (MEAs dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai p-value 0,043, selfdirected learning tinggi, sedang dan rendah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai p-value 0,000, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan self-directed learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan dengan nilai p-value 0,259.

Kata Kunci: Model-Eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self-Directed Learning

This study aims to determine the influence of the approach learning (MEAs and conventional) on mathematical problem solving abilities, the influence of high self-directed learning, moderate self-directed learning and low self-directed learning on mathematical problem solving abilities, and the influence of interactions between learning approaches (MEAs and conventional) with self- directed learning towards mathematical problem solving skills in eighth grade students of SMP Negeri 9 Tarakan. This research was carried out in the even semester of 2018/2019 school year in Tarakan 9 Public Middle School. The type of research used in this study is a quasi-experimental with a 2×3 factorial design. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 9 Tarakan. Sampling is done by simple random sampling. The sample in this study is class VIII-4 as a control class and VIII-1 as an experimental class. Data collection is done by using tests of mathematical problem solving abilities and questionnaires of self-directed learning. Data analysis techniques using descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis includes average of calculation and standard deviation. Inferential analysis uses two-way variance analysis. Based on the results of the analysis with a significant level of 5% it can be concluded that the learning approach (MEAs and conventional) influences the ability to solve mathematical problems with p-value 0.043, high, medium and low self-directed learning affect the ability of mathematical problem solving with a pvalue of 0.000, and there is no influence of interaction between learning models with self-directed learning of mathematical problem solving skills in class VIII SMP 9 Tarakan with p-value 0.259. Keywords: Model-Eliciting Activities (MEAs), Mathematical Problem Solving Ability, Self-Directed Learning

Detail Informasi