
Perbandingan Penggunaan Media Berbasis Camtasia Studio Dengan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Ikbal - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 9 Tarakan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Camtasia Studio dan Powerpoint, untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis Camtasia Studio lebih baik dari media pembelajaran Powerpoint terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMP Negeri 9 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain posttest only multiple design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen I dan VIII-4 sebagai kelas eksperimen II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi analisis data tes, rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial meliputi uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan media pembelajaran berbasis Camtasia Studio dengan Powerpoint terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh 0,038 dan kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Selain itu hasil belajar matematika siswa menggunakan media pembelajaran berbasis Camtasia Studio lebih baik dibanding media Powerpoint. Hal ini dpat dilihat dengan menggunakan uji satu arah diperoleh 0,019 dan lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio, Media Pembelajaran Powerpoint
This Research aims to determine the difference of learning outcomes of mathematics students SMPN 9 Tarakan by using learning media based on Camtasia Studio and Powerpoint, which taught by using lerning media based on Camtasia Studio and Powerpoint, to know the learning media based on Camtasia Studio better than learning media of Powerpoint on mathematics learning outcomes of 8th grade sdutents of SMP Negeri 9 Tarakan. This research was conducted in the even semester of academic year 2017/2018 at SMPN 9 Tarakan. The type of research is quasi experimental with posttest only multiple design. The population in this research the entire 8th grade of SMP Negeri 9 Tarakan. The sampling technique was simple random sampling. The sample of this research are VIII-2 as 1st experiment class and VIII-4 as 2nd experimental class. The data were collected by using descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis includes analysis of the test data, average and standart deviation. Inferential analysis includes assumption prerequisite test and hypothesis test. Based on the analysis result with significant level of 5% can be concluded there are differences in learning media based on Camtasia Studio with Powerpoint on mathematics learning outcomes of 8th grade students of SMP Negeri 9 Tarakan. This can be seen by using the independent sample t-test obtained 0,038 and less than 0,05 then H0 rejected. In addition, mathematics learning outcomes students using learning media based on Camtasia Studio is better than the learning media of Powerpoint. This can be seen by using one way test obtained 0,019 and less than 0,05 then H0 rejected. Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Learning Media Based on Camtasia Studio, Learning Media of Powerpoint