Pengaruh Kecerdasan Logika-Matematika Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kecerdasan Logika-Matematika Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Kecerdasan Logika-Matematika Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Endang Rubiati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh Kecerdasan logika-matematika terhadap hasil belajar matematika, 2) pengaruh Kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika, 3) pengaruh Kecerdasan logika-matematika dan kecerdasan emosional hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan.
Jenis penelitan ini adalah penelitian kuntitatif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling (Area Sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, kuesioner dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategorisasi kecerdasan logika-matematika berada pada kategori rendah dengan persentase siswa sebesar 35,26%. Kategorisasi kecerdasan emosional pada umumnya pada kategori tinggi dengan persentase siswa sebesar 41,02%. Kecerdasan logika-matematika memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Kecerdasan emosional memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Kecerdasan logika-matematika dan kecerdasan emosional memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan dengan persamaan regresi menunjukkan Y = 30,906 + 0,254X1 + 0,354X2.Hasil analisis pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa kecerdasan logika-matematika dan kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 70,3% terhadap hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Kecerdasan Logika-Matematika, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika

This research aims to figure out: 1) the effect of Logical-Mathematical on mathematics students’ achievement; 2) the effect of Emotional Intelligence on mathematics students’ achievement; 3) the effect of Logical-Mathematical and Emotional Intelligence on Mathematics Students’ Achievement on Eighth Grade Students of SMP Negeri 9 Tarakan. This type of research is a quantitative research with survey method. The population of this research was all of the Eighth Grade Students of SMP Negeri 9 Tarakan. The sample in this research was taken by cluster random sampling (area sampling) technique. The technique of collecting data in this research were tests, questionnaire, and documents. The technique of analyzing data was double regression analysis by software SPSS 23.0 for Windows. The results of this research showed that categorization of logical-mathematical was generally in quite category low which students persentation is 35,26%. Categorization of Emotional Intelligence was generally in quite category high which students persentation is 41,02%. The logical-mathematical gave a significance effect toward Mathematics Students’ Achievement on Eighth Grade Students of SMP Negeri 9 Tarakan. The emotional intelligence gave a significance effect toward Mathematics Students’ Achievement on Eighth Grade Students of SMP Negeri 9 Tarakan. The logical-mathematical and emotional intelligence gave a significance effect toward Mathematics Students’ Achievement on Eighth Grade Students of SMP Negeri 9 Tarakan with regression equation showed Y = 30,906 + 0,254X1 + 0,354X2 The coefficient of determination analysis showed that the variable of logical-mathematical and emotional intelligence gave 70,3% contribution toward mathematics students achievement. Keywords: Logical-Mathematical, Emotional Intelligence, Mathematics Students Achievement

Detail Informasi