
Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Duwi Marliana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMP Negeri 7 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-4 dan kelas VII-5. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial meliputi uji asumsi prasyarat dan uji independent sample t- test.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelas eksperimen adalah 70,02 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematika kelas kontrol adalah 60,69. Hasil analisis uji independent sample t- test pihak kanan dengan taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,015. Sehingga dapat dilihat bahwa 0,015 ? 0,05. Dengan demikian H0 ditolak, artinya bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan, maka dapat disimpulkan model pembelajaran Reciprocal Teaching berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan).
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching
The aims of this research are to find out the influence of model Reciprocal Teaching learning on mathematic communication skill at the grade seventh students of SMP Negeri 7 Tarakan. This research was held in the even semester of academic year 2017/2018 at SMP Negeri 7 Tarakan. The type of research used in this research was quasi-experimental with posttest only control group design. The population of this research is all of the grade students of SMP Negeri 7 Tarakan. Sampling was done by a simple random sampling technique. The sample of this research was class VII-4 and class VII-5. The data collection was done by using a mathematic communication skill test. Technique of data analysis using descriptive and inferential analysis. A descriptive analysis covered an average count and a standard deviation. An inferential analysis covered prerequisite assumption analysis and independent sample t-test . The result of descriptive analyze show that the average of mathematic communication skill for experimental class is 70.2 and the average of mathematic connection skill of control class 60.69. Based on the independent sample t-test analyze result with 5% of significance level % (? = 0.05) obtained p-value 0.015. Therefore it can be seen that 0,015 ? 0,05. It means that H0 was rejected, so the average of mathematic communication skill taught by using Reciprocal Teaching learning was significantly high than the average of mathematic communication skill taught by conventional way at the seventh grade SMP Negeri 7 Tarakan, it can be conclueded the Reciprocal Teaching learning has an influence on mathematic communication skill of grade seventh SMP Negeri 7 Tarakan. Keywords: Mathematic Communication Skill, Reciprocal Teaching Learning