
Pengaruh Minat Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Debora Rante - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar dan disiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematikaa siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan.Populasi ini terdiri dari 5 kelas yang total jumlah siswanya adalah 140. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling. Probability sampling terdiri dari beberapa teknik. Pada penelitian ini, teknik yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Sampel ini terdiri dari 100 siswa yang diambil secara acak. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar dan disisiplin belajar secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan, dengan hasi uji F diperoleh Fhitung sebesar 7,592 ,nilai sig 0,001 dan persamaan regresi ? = 44,346 + 0,188 X1 + 0,243 X2. Berdasarkan hasil perhitungan koofisien determinasi, diketahui bahwa minat belajar dan disiplin belajar secara simultan memberikan pengaruh sebesar 13,5% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan.
Kata Kunci: Minat Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Matematika
This study aims to determine whether there is influence of learning interest and learning discipline simultaneously on mathematics learning outcomes of eighth grade students of SMP Negeri 10 Tarakan. The type of research used in this study is quantitative research with survey methods. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 10 Tarakan. This population consisted of 5 classes whose total number of students was 140. The sampling technique used was probability sampling. Probability sampling consists of several techniques. In this study, the technique used was proportionate stratified random sampling. This sample consists of 100 students taken randomly. The data collection techniques in this study are using questionnaires and documentation. Data analysis techniques using multiple regression analysis with the help of SPSS 23.0 for Windows software The results showed that there was an influence of learning interest and disciplined learning simultaneously on the mathematics learning outcomes of the eighth grade students of SMP Negeri 10 Tarakan, with the F test results obtained Fcount of 7,592, sig value 0,001 and regression equation ? = 44,346 + 0,188 X1 + 0,243 X2. Based on the results of the coefficient of determination determination, it is known that the interest in learning and learning discipline simultaneously gives an effect of 13.5% on the mathematics learning outcomes of eighth grade students of SMP Negeri 10 Tarakan. Keywords: Learning Interest, Learning Discipline, Mathematics Learning Outcomes