
Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Pada Siswa Kelas XI-B SMA Mulawarman Tarakan
Pengarang : Askar - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk keaktifan Belajar matematika siswa malalui model pembelajaran tipe Snowball Throwing Pada siswa kelas XI-B SMA Mulawarman Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 14 November 2017 – 22 November 2017 di SMA Mulawarman Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-B SMA Mulawarman Tarakan, yaitu 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data keterlaksanaan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 2 pertemuan pada setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa pada siklus I adalah 43.48% siswa berada pada kategori minimal aktif dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 95.65% siswa berada pada kategori minimal aktif. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus II sudah memenuhi ? 70% siswa memiliki keaktifan minimal aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas XI-B SMA Mulawarman Tarakan.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
This study aims to liveliness Learning mathematics students through the model of learning type Snowball Throwing In students of class XI-B SMA Mulawarman Tarakan. This type of research is a classroom action research. The study was conducted on November 14, 2017 - November 22, 2017 at SMA Mulawarman Tarakan. The subjects of this study are students of class XI-B SMA Mulawarman Tarakan, which is 23 students. Technique of collecting data in this research using observation sheet of student learning activeness. Data analysis techniques used, ie data analysis implementation of student learning activeness. The study was conducted in 2 cycles, consisting of 2 meetings at each cycle. The results of this study indicate that students' learning activities on the cycle I of 43.48% of students are in the category of at least both and the second cycle increased to 95.65% of students are in the category of at least good. Based on the success indicators in cycle II already meet ? 70% of students have active minimum activeness. So it can be concluded that the implementation of learning model of cooperative learning model of Snowball Throwing type can increase the activity of mathematics learning of class XI-B SMA Mulawarman Tarakan Keywords: Activity Learning Mathematics, Cooperative Learning Model Type Snowball Throwing