Pengaruh Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan

Pengaruh Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan

Pengarang : Amanda Syafriansyah Putra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2018 di SMA Patra Dharma Tarakan,
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel peneleitian ini adalah siswa kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan yang jumlah siswanya adalah 29 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS 23.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan, dengan persamaan regresi ? = 10,934 + 0,163X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa kreativitas belajar secara parsial memberikan pengaruh sebesar 32% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan.

Kata Kunci: Kreativitas Belajar, Hasil Belajar Matematika

This research purposed to there is no effect of creativity learning on mathematics learning outcomes at the eleven (XI) grade students of SMA Patra Dharma Tarakan. The research was conducted at the first semester in academic years 2018 at SMA Patra Dharma Tarakan. The research was a kuantitatif with of survey method. The sample of this study was eleven (XI) grade students totaling 29 people. The sampling technique used is saturated sampling. As for data collecting technique in this study are using questionnaire and documentation. Data analysis technique using simple regression analysis with the help of software SPSS 23.0 for windows. The result showed that that there was effect of creativity learning simultaneously on mathematics learning outcomes at eleven (XI) grade students of SMA Patra Dharma Tarakan, with the regression equation ?=10,934 + 0,163. Based on the calculation of the coefficient of determination, it is known that creativity learning partially giving effect us much 32% toward student mathematics learning outcomes at the eleven (XI) grade students of SMA Patra Dharma Tarakan. Keywords: Creativity Learning, Learning Outcomes

Detail Informasi