
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Adi Purnama - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII MTs Negeri Tarakan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di MTs Negeri Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental research dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Negeri Tarakan. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-A sebagai kelas eskperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 8 soal yang sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematika. Data analisis menggunakan analisis deskriptif yang meliputi nilai rata-rata dan standar deviasi. Analisis inferensial yang meliputi uji asumsi prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t (independent sample ttest) pihak kanan.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen adalah 65,29 dengan nilai standar deviasi sebesar 9,843 dan skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa kelas kontrol adalah 52,45 dengan nilai standar deviasi sebesar 10,840. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test diperoleh nilai thitung sebesar 3,000 dan ttabel sebesar 1,67 dengan derajat kebebasan 55, maka thitung>ttabel selanjutnya dengan taraf signifikan ? = 0,05 diperoleh nilai signifikan (1-tailed) sebesar 0,002 maka diperoleh nilai 0,002 < 0.05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Kancing Gemerincing lebih tinggi secara signifikan dari pada kemampuan komunikasi matematika siswa yang yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Kancing Gemerincing, Komunikasi Matematika
The objective of this study is to find out the effect of cooperative learning model Button Clashing type on the ability of mathematical communication in the Seven Grade Students of MTs Negeri Tarakan. This research was held in odd semester academic year 2017/2018 in MTs Negeri Tarakan. The type of research is quasi experimental by posttest only control design. The population of this study all the seven grade of MTs Negeri Tarakan. The sample of this study is VII-A as an experimental class and VII-B as a control class. Samples were taken by using simple random sampling. The research instrument is given by 8 question in essay which is based on mathematical communication skills. Data were analyzed by statistic descriptive which includes the average value and standard deviation. Analyzed by statistic inferential which includes prerequisite assumption test which normality test and homogeneity test by using t test (independent sample t-test) of right side. The result of descriptive analysis show that the average of mathematical students communication for experimental class is 65,29 with standard deviation of 9,843 and the average of mathematical students communication of control class is 52,45 with standard deviation of 10,840. While, based on the independent sample t-test analyze result obtained the value of tcount of 3,000 and ttable of 1,67 with degrees of freedom 55. Then tcount>ttable furthermore with of significan level ? = 0,05 obtained significan value (1 – tailed) is 0,002 then value 0,002 < 0.05. It means that H0 was rejected and H1 be accepted. This shows that students mathematical communication skills who are taught with learning model Button Clashing higher significantly from in the students mathematical communication skills who are taught with use the conventional learning model. Keywords: Cooperative Learning Model, Button Clashing, Mathematical Communication