Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Merokok Siswa Kelas VII B Di SMP Negeri 2 Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Merokok Siswa Kelas VII B Di SMP Negeri 2 Nunukan

Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Merokok Siswa Kelas VII B Di SMP Negeri 2 Nunukan

Pengarang : Rini Anjarwati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling mengatasi perlilaku merokok siswa selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk membantu mengtasi permasalahan yang dihadapi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskiptif dalam mencari bagaimana cara guru BK dalam mengatasi perlilaku merokok siswa. Penelitian ini menggunakan tiga informan yang menjadi sumber data dari penelitian, dimana terdiri dari guru BK sebagai informan utama, kemudian siswa dan guru Wali kelas sebagai informan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dalam mendapatkan informasi dan dokumentasi dalam menguatkan data penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah guru BK melakukan pelaksanaan bimbingan dan konseling berupa pelaksanaan sebagai pembimbing yaitu untuk membimbing dan mengarahkan perilaku siswa kearah yang lebih positif, pemberian contoh atau teladan adalah pada dasarnya perubahan perilaku yang dapat ditunjukkan kepada siswa dapat dipengaruhi oleh seorang guru yang menjadi patokan siswa dalam bertingkah laku atau berperilaku selama di lingkungan sekolah, selanjutnya sebagai pengendali, guru BK harus mampu mengendalikan seluruh perilaku siswa selama berada di lingkungan sekolah.

Kata Kunci: Guru BK, Perilaku, Merokok

This study sought to understand how guidance and counseling teachers assist students in dealing with their problems and overcoming smoking among their peers. This study aimed to identify how guidance and counseling teachers address students who smoke by using a descriptive qualitative methodology. The guidance and counseling served as the major informant for this study, while students and homeroom intructors served as secondary informants. Interviews were employed as a source of data, along with documentation to support the research fndings. According to the finding of this study, instructors who specialize in providing advice and counseling have done so by serving as mentors who help students change their negative behavior into a more positive one. A teacher’s behavior as a role model is the benchmark for students to change their negative behavior in the school environment. All student behavior in the school setting must be under the guidance and counseling teacher’s authority as a controller. Keywords: Guidance Teacher, Behavior, Smoking

Detail Informasi