Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan

Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Nur Oktafia Indah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimential design dengan desain posttest only control design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pendekatan pendidikan matematika realistik dan variabel terikat adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Tarakan. Penarikan sampel yang digunakan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel penelitian yaitu kelas VIII-4 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk analisis data awal dan analisis data akhir menggunakan uji statistik independent samples t-test dengan bantuan software SPSS 23.0 for windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata nilai posttest di kelas kontrol yaitu di kelas eksperimen sebesar 70,37 sedangkan di kelas kontrol sebesar 55,80. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 5% (a = 0,05) diperoleh p-value sebesar 0,000. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Pemahaman Konsep

This was a quasi-experimental research with a posttest only control design. The independent variable in this study was a realistic mathematics approach and the dependent variable is students’ understanding of mathematical concepts. The population in this study were all students of class VIII at SMP Negeri 12 Tarakan. Samples were taken using simple random sampling technique, namely 32 class VIII-4 students as the experimental group and 32 class VIII-5 students as the control group. Data collected by written test and documentation. Data were analyzed using descriptive analysis and inferential analysis (independent sample t-test) with the help of SPSS 23.0 software for windows. The average posttest score in the experimental class was greater than the average posttest value in the control class, 70.37 compared to 55.80. While the results of the independent sample t-test with a significant level of 5% (a = 0.05) obtained a p-value of 0,000. Thus H0 was rejected and H1 was accepted, so it could be concluded that the approach influenced students’ ability to understand mathematical concepts. Keywords: Realistic Mathematics Education, Concept Understanding

Detail Informasi