Pengembangan Game Edutainment Kingdom Of Mathematics Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Game Edutainment Kingdom Of Mathematics Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan

Pengembangan Game Edutainment Kingdom Of Mathematics Sebagai Media Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Herlina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini a Negeri 5 Tarakan. Model pengembangan yang digunakan adalah model penemuan Thiagarajan yaitu Four-D yang terdiri atas 4 tahap yang meliputi tahap define, design, development dan disseminate. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi produk yang dalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 5 Tarakan pada kelas IX. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengembangkan produk berupa Game Edutainment Kingdom Of Mathematics sebagai media pembelajaran matematika yang berkualitas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas IX SMP terdiri dari validasi ahli isi atau materi, ahli media serta ahli bahasa. Kemudian dilanjutkan uji coba produk yang dilakukan sebanyak 2 tahapan yaitu uji coba terbatas dilakukan terhadap 4 orang siswa dan uji lapangan utama dilakukan terhadap 30 orang siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa game Kingdom Of Mathematics yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari ketiga validator memperoleh persentase kevalidan media sebesar 76,83% (valid). Selanjutnya hasil analisis dari uji lapangan utama memperoleh persentase kepraktisan sebesar 85,31% (sangat praktis). Adapun, hasil analisis keefektifan media dari uji lapangan utama memperoleh persentase 78,57% (efektif). Jadi, media pembelajaran berupa Game Edutainment Kingdom Of Mathematics yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan berkualitas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan karena telah memenuhi kriteria kualitas yaitu kevalidan, kepraktisan serta keefektifan.

Kata Kunci: Four-D, Game, Media, Motivasi, Pengembangan

This research and development study was carried out SMP Negeri 5 Tarakan in class IX. The purpose of this research was to produce and develop products in the form of Game of Edutainment Kingdom of Mathematics as a quality learning media for mathematics to increase student motivation in the lesson of system of linear equation for two variables of class IX SMP Negeri 5 Tarakan. This study used the Four-D Thiagarajan discovery model, which consisted of 4 stages namely define, design, development, and disseminate. At the development stage, product was validated by a content expert, a media expert and a linguist. Then the product trial was carried out twice, a limited trial conducted on 4 students and the main field test was carried out on 30 students. The validity analysis of the developed game from the three validators was 76.83% (valid). Furthermore, the result of practicality analysis from the main field test was 85.31% (very practical). Meanwhile, the results of the analysis of the effectiveness of the media from the main field test was 78.57% (effective). So, the Game of Edutainment Kingdom of Mathematics developed by researchers could be said to be of high quality to increase learning motivation of grade IX students of SMP Negeri 5 Tarakan because they met the quality criteria validity, practicality and effectiveness. Keywords: Four-D, Game, Media, Motivation, Development

Detail Informasi