
Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Marlena - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa pada materi matematika kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan, mulai tanggal 5 September 2019 – 5 Oktober 2019 di SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak enam orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. Namun, setelah dilakukan penelitian yang lebih mendalam, maka ditemukan yang benar-benar memiliki kemampuan koneksi matematis yang bagus adalah empat siswa dengan kode A, B, C, dan D. Subjek A dan B selalu mendapatkan nilai yang bagus di kelas dan pandai berorganisasi, subjek C juga selalu mendapatkan nilai yang bagus di kelas tetapi C sangat pendiam, sedangkan subjek D selalu mendapatkan nilai yang bagus dalam mata pelajaran matematika maupun mata pelajaran yang lain dan D juga selalu aktif dikelas. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh bahwa subjek D masuk dalam tiga kategori indikator yaitu kemampuan koneksi matematis dengan indikator kemampuan koneksi matematis antar topik matematis, kemampuan koneksi matematis dengan bidang lain (IPA), dan kemampuan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari. Subjek A dan B masuk dalam dua kategori indikator yaitu kemampuan koneksi matematis dengan indikator kemampuan koneksi matematis antar topik matematis dan kemampuan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan subjek C masuk dalam satu kategori indikator yaitu kemampuan koneksi matematis dengan indikator kemampuan koneksi matematis antar topik matematis.
Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Studi Kasus, Kualitatif
Tidak Tersedia Deskripsi