
Representasi Matematis Siswa Kelas IX MTs DDI Tarakan
Pengarang : Herdianto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa kelas IX MTs DDI Tarakan yang berkemampuan tinggi dan cara mereka melatih kemampuan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Sebanyak 10 orang siswa kelas IX yang memiliki representasi matematis yang tinggi dipilih dengan cara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, Wawancara serta Analisis Dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara Data collection, Data reduction, Data display, dan Conclusion drawing. Setelah dilakukan penelitian lebih mendalam, ditemukan yang benar-benar memiliki Representasi Matematis yang baik adalah tujuh siswa yang berinisial S1, S2, S3, S4, S5, S6 dan S7 dari sebanyak 10 siswa. Tujuh siswa yang memiliki representasi matematis yang baik terfokus pada ketiga aspek-aspek kemampuan representasi dan cara siswa melatihnya, ketiga aspek tersebut diantaranya: (1) representasi visual , (2) representasi berupa ekspresi matematis, dan (3) representasi berupa kata-kata atau verbal. Adapun cara siswa melatihnya (1) membuat representasi visual dari sebuah masalah matematis, (2) membuat representasi simbolik untuk memperjelas dan menyelesaikan masalah matematis, dan (3) menuliskan langkahlangkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata atau verbal.
Kata Kunci: Representasi, Matematis, Studi Kasus
This study aimed at describing the mathematical representation of ninth grade students of MTs DDI Tarakan and how the students practiced these abilities. This research used a qualitative design with a case study method. Ten ninth grade students with high mathematical representation were selected by a purposive sampling technique. The data were collected through observation, interview and documentation analysis. The procedure of data analysis included data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. It was found that those who really had a good mathematical representation were seven students with initials S1, S2, S3, S4, S5, S6 and S7. Their mathematical representation was focused on the three aspect of ability and the way they practice them. The three aspect included visual representation, mathematical expression representation, and words or verbal representation. The way the students practice included making a visual representation of a mathematical problem, making a symbolic representation to clarify and solve mathematical problems, and writing the steps for solving mathematical problems with words or verbally. Keywords: Representation, Mathematics, Case Study