Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Dessy Natalia Silitonga - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan di SMP Negeri 8 Tarakan pada kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh Adversity Quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah 141 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner adversity quotient dan dokumen prestasi belajar matematika. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara adversity quotient terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ1 = 123,3 + 0,201 X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa adversity quotient memberikan pengaruh sebesar 3,4% terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan.

Kata Kunci: Adversity Quotient, Prestasi Belajar Matematika

This research was a quantitative study with a survey method that was conducted at SMP Negeri 8 Tarakan in class VIII. The purpose of this study was to determine the effect of adversity quotient on mathematics learning achievement of eighth grade students of SMP Negeri 8 Tarakan. This research was conducted in the even semester of the 2019/2020 school year. The sample of this study was 141 students taken using simple random sampling technique. Data were collected through an adversity quotient questionnaire and mathematics learning achievement documents. The data obtained were processed using a statistical data processing program, SPSS 23.0. The result showed that there was a partially significant effect of adversity quotient on mathematics learning achievement of eighth grade students of SMP Negeri 8 Tarakan, with a regression equation Ŷ1 = 123.3 + 0.201 X. Based on the results of the calculation of the coefficient of determination, it was known that the adversity quotient gave an effect of 4.1% of the mathematics learning achievement of eighth grade students of SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: Adversity Quotient, Mathematics Learning Achievement

Detail Informasi