
Pengembangan Game Pembelajaran “Mobile Refun” Berbasis Android Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Awalul Munif Mishbahuddin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan di SMP Negeri 8 Tarakan pada kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Game pembelajaran “Mobile Refun” berbasis Android yang layak sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan terkhususnya pada materi relasi dan fungsi. Model pengembangan yang digunakan adalah model penemuan Thiagarajan yaitu four-D. Pada model four-D terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Evaluasi produk Game pembelajaran“Mobile Refun” dilakukan sebanyak 4 tahapan yaitu (1) validasi oleh ahli isi atau materi, media, dan desain pembelajaran, (2) uji coba lapangan awal dengan subjek 6 orang siswa, (3) uji coba lapangan utama dengan subjek 30 orang siswa, dan (4) uji coba lapangan operasional dengan subjek 40 orang siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa Game pembelajaran “Mobile Refun” yang dikembangkan berdasarkan aspek ahli materi memperoleh skor sebesar 33 dengan kategori sangat baik, ahli media memperoleh skor sebesar 50 dengan kategori baik serta ahli desain pembelajaran memperoleh skor sebesar 32 dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari hasil penelitian di lapangan, Game pembelajaran “Mobile Refun” telah memenuhi syarat mudah untuk dioperasikan, mudah untuk dipelajari isinya dan memiliki tampilan yang menarik. Sehingga Game pembelajaran “Mobile Refun” dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran tambahan untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan.
Kata Kunci: Pengembangan, Game Pembelajaran “Mobile Refun”, Model Pengembangan Four-D
This research used a research and development method that was conducted to eighth grade students at SMP Negeri 8 Tarakan. The purpose of this research was to develop an Android-based learning game ‘Mobile Refun’ to be used as a medium for mathematics learning for eighth grade students of SMP Negeri 8 Tarakan, especially in materials of relation an functions. The foud-D Thiagarajan discovery model was used in this study. The four-D model consisted of 4 stages, namely Define, Design, Development and Disseminate. The product evaluation was carried out in 4 stages: (1) expert validation from content or media and learning design, (2) initial field trials with 6 students, (3) main field trials with 30 students, and (4) operational field trials with 40 students. The result showed that the lerning game obtained a very good category (33 points) from the material expert, a good category (50 points) from the media expert and a very good category (32 points) from the learning design expert. The field result showed that the learning game met the requirements of being easy to operate and to learn its contents and had and attractive appearance. It can be said that the Android-based learning game ‘Mobile Refun’ was feasible to use as additional learning media for eighth grade students of SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: Development, Mobile Refun, Learning Game, Four-D Development Model