Pengembangan Media Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengembangan Media Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Arman - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yang bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media Augmented Reality pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP Negeri 5 Tarakan. Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 7 tahap, yaitu: (1) Pengumpulan Data; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan Produk; (4) Uji Coba Lapangan Awal; (5) Revisi Produk Utama; (6) Uji Lapangan Utama; (7) Revisi Produk Oprasional. Penelitian ini menggunakan 4 instrumen, yaitu (1) lembar validasi ahli materi, (2) lembar validasi ahli media, (3) lembar validasi ahli Desain Pembelajaran dan (2) lembar siswa untuk menilai kelayakan media Augmented Reality. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata skor dari hasil validasi materi sebesar 3,12 (Kategori sangat Baik). Persentase rata-rata skor dari hasil validasi media sebesar 3,57 (Kategori sangat Baik). Persentase rata-rata skor dari hasil validasi media sebesar 3,75 (Kategori sangat Baik). sehingga hasil dari 3 validator pada media Augmented Reality berkategori Sanagt Layak. Untuk rata-rata skor respon siswa terhadap uji coba lapangan Utama sebesar 3,64 (Kategori Sangat Baik) dan rata-rata skor respon siswa terhadap uji coba lapangan Operasional sebesar 3,60 (Kategori Sangat baik) sehingga media Augmented Reality sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Augmented Reality pada materi bangun ruang sisi bagi siswa SMP Negeri 5 Tarakan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall telah memenuhi syarat Layak.

Kata Kunci: Media, Augmented Reality, Borg and Gall, Bangun Ruang Sisi Datar

This study used a Research and Development (R&D) design which aimed to determine the process of development, validity, practicality and effectiveness of Augmented Reality (AR) media on polyhedron lessons for fifth grade students of SMP Negeri 5 Tarakan. The research and development stage referred to the Borg and Gall development model which consisted of 7 stages, namely (1) data collection, (2) planning, (3) product development, (4) initial field trial, (5) revision of main products, (6) main field test, and (7) revised operational products. To assess the feasibility of the augmented reality media, this study used 4 instruments, namely (1) the material expert validation sheet, (2) the media expert validation sheet, (3) the learning design expert validation sheet, and (4) the student sheets. The results showed that the average score obtained from the material validation was 3.12 (very good category), from the media validation was 3.57 (very good category), and from the learning design validation was 3.75 (very good category). So, the augmented reality media were categorized as very eligible. The average score for the students' responses to the main field trials was 3.64 (very good category) and for the operational field trials was 3.60 (very good category). So, that the augmented reality media was very feasible. Thus, it was concluded that the augmented reality media on polyhedron lessons for fifth grade students of SMP Negeri 5 Tarakan referring to the Borg and Gall development model met the requirements. Keywords: Media, Augmented Reality, Borg and Gall, Polyhedron

Detail Informasi