Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Jawa Indah Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
No image available for this title

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Jawa Indah Kota Tarakan

Pengarang : JUMRIAH - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Jawa Indah (Kota Tarakan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Pada penelitian ini menggunakan Teknik Probability sampling dengan Simple Random Sampling. Pengukuran dalam kuesioner ini menggunakan Skala Likert 5 sampai 1. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 200 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan uji t didukung dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel Bukti Fisik (Tanggible) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel Kehandalan (Reliability) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel Daya Tanggap (Resnponsiveness) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel Jaminan (Assurance) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan variabel Empati (Empahty) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Kata kunci : bukti fisik, (tanggible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness, jaminan (assurance), empati (empthy), dan kepuasan pelanggan

This research aims to determine the analysis of the influence of service quality on customer satisfaction at the Jawa Indah Restaurant Tarakan City. this research uses a quantitative approach with survey methods and data collection by distributing questionnaires. the research used probability sampling techniqeus with simple random sampling. the measurements in this questionnaire use a likert scale of 5 to 1. the sample in this stuudy was 200 respondents. the data analysis method used in this research is multiple linear regression and t-test supported using the SPSS program. the result oh this research prove that the variables of Tangible, Reliability, Responsiveness, and Assurance have a positve and significant effect on customer satisfaction, and the Empahty variable has no positive and insignificant effect on customer satisfaction. Keyword : Tangible, Reliability, Responsiveness, assurance, empathy, and customer satisfaction

Detail Informasi