Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII E MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII E MTs Negeri Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII E MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Adistika Indah Fauza - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran flipped classroom pada kelas VIII-E MTs Negeri Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 05 Oktober 2019 – 24 Oktober 2019 di MTs Negeri Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E MTs Negeri Tarakan, yaitu 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa, dan instrument tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data aktivitas guru, keaktifan belajar siswa,dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajr siswa pada siklus I sebesar 67% siswa berada pada minimal kategori baik dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 81% siswa berada pada minimal kategori baik. Sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 72% siswa berada pada minimal kategori tinggi dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 76% siswa berada pada minimal kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa pada kelas VIII E MTs Negeri Tarakan.
Kata kunci: Keaktifan Belajar, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Flipped Classroom

This study aimed to improve students’ activeness and learning outcomes of mathematics through the application of flipped classroom in class VIII-E of MTs Negeri Tarakan. This classroom action research was conducted on October 5 – 24, 2019 at MTs Negeri Tarakan. The subjects of this study were 22 students of class VIII-E at the school. Data was collected using observation sheets of student learning activeness, and a test of mathematics. The analyzed data consisted of teacher activity, student learning activeness, and students’ mathematics learning outcomes. This reaserch was conducted in 2 cycles, which consisted of 3 meetings in cach cycle. The results of this study indicated that the learning activeness of students increased from 67% (good category) in the first cycle to 81% (good category) in the second cycle. In addition, the students’ mathematics learning outcomes increased from 72% (high category) in the first cycle to 76% (high category) in the second cycle. It was concluded that the application of the flipped classroom learning model were able to increase the ativeness and mathimatis learning outcomes of class VIII_E students at the MTs Negeri Tarakan. Keyword : Active Learning, Mathematics Learning Outcomes, Flipped Classroom Learning Model. Keywords: Active Learning, Mathematics Learning Outcomes, Flipped Classroom Learning Model

Detail Informasi