
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Berdasarkan Teori Kastolan Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Wira Dano Putra - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan teori Kastolan ditinjau dari jenis kelamin, mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tarakan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini diambil dengan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam (in depth interview), dokumentasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi, dan yang terakhir penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa laki-laki adalah tidak menuliskan rumus, kesalahan dalam konsep pengerjaan, kesalahan langkah akhir penulisan jawaban akhir, kesalahan dalam mengoperasikan dan penulisan simbol statistika. Kesalahan yang dilakukan oleh siswa perempuan adalah kesalahan berupa tidak menuliskan rumus, kesalahan dalam konsep pengerjaan, kurang lengkap prosedur pengerjaan, kesalahan dalam mengoperasikan dan penulisan simbol statistika. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan tersebut dikarenakan siswa tidak mengetahui rumus, tidak mengerti dan lupa cara mengerjakan, salah pengartian konsep, tidak teliti dalam membaca soal, tidak mengerti langkah selanjutnya, kurangnya pemahaman siswa dengan simbolsimbol dan terbiasanya siswa dengan tidak menuliskan simbol-simbol yang tidak diketahuinya, terbiasanya siswa menggunakan kalkulator dalam menghitung.
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Teori Kastolan, Jenis Kelamin
This study aimed to describe errors made by male and female students in solving mathematical problems based on Kastolan theory and to fine out factors causing the errors. This qualitative research was conducted at SMK Negeri 2 Tarakan in the odd semester of the 2019/2020. The research subjects were students majoring in computer and network engineering taken by purpose sampling technique. Data were collected through in-depth interviews, documentation, and tests. The data analisis prosess include data reduction, data presentation, conclusions and verification, and drawing final conclusions. The result of this study indicated that errors made by male students were in the forms of not writing the formula, errors in the concept of work, errors in the final step of writing the final answer, and errors in operating and writing statistical symbols. Meanwhile, errors made by female students were in the form of not writing formulas, errors in working concepts, incomplete work procedures, and errors in operating and writing statistical symbols. Factors that caused these errors were students did not know the formula, did not understand and forget how to do it, misinterpret the concept, not careful in reading the questions, did not understand the next step, lack of understanding symbols, not accustomed to writing symbols that they did not know, and always using calculators in counting. Keywords: Student Errors, Kastolan Theory, Gender