Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Pipit Marselaningsih - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya 1) Pengaruh model pembelajaran (Reciprocal Teaching dan Konvensional) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. 2) Pengaruh kemampuan awal matematika siswa kategori rendah, sedang dan tinggi terhadap pemampuan pemahaman konsep matematika. 3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran (Reciprocal Teaching dan Konvensional) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan. Penelitian ini dilaksakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 12 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain factorial 2 3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan. Pengaambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan tes kemampuan awal matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Teknik deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Teknik inferensial menggunakan analisis varians dua jalur. Berdasarkan hasil analasis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (Reciprocal Teaching dan Konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan p-value 0,002. Kemampuan awal matematika siswa dengan kategori rendah, sedang dan tinggi berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan p-value 0,000, dan tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Tarakan dengan nilai p-value 0,610.

Kata Kunci: Kemampuan Awal Matematika, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Reciprocal Teaching

This of addressed three objectives. The first was to determine the effect of learning models (Reciprocal Teaching and Conventional) on students’ ability to understand mathematical concepts. The second was to investigate the effect of initial mathematical abilities of low, medium and high achievers on the ability to understand mathematical concepts. The third was to determine the effect of interaction between learning models (Reciprocal Teaching and Conventional) and the initial mathematical abilitie on the ability to understand mathematical concepts of the eight grade students at SMP Negeri 12 Tarakan. This research was conducted in the odd semester of the 2019/2020 at the SMP Negeri 12 Tarakan. This was a quasi-experimental research with a2 3 factorial design. The population were all the eighth grade students at SMP Negeri 12 Tarakan. Using a simple random sampling technique, class VIII-5 students were taken as the experimental group and clas VIII-4 student were as the control group. Data were collected using a test of understanding mathematical concept and a test of initial mathematical abilities. Data were analyzed descriptively and inferentially. The descriptive analiysis included arithmetic mean and standard deviation and the inferential technique used two path analysis of variance. The results of the analysis showed that, at a significance level of 5%, the learning model (Reciprocal Teching and Conventional) affected students’ ability to understand mathematical concepts (p = 0.002). The initial mathematic ability of low, medium and high achievers affected their ability to understand mathematical concepts (p = 0,000). There was no effect of the interaction between the learning models and students’ intial mathematical abilities on the ability to understand mathematical concepts of the eighth grade students at SMP Negeri 12 Tarakan (p = 0.610). Keywords: Initial Mathematical Ability, Mathematical Concepts, Reciprocal Teaching

Detail Informasi