Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Muhammad Ade Safitri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dan konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematika, pengaruh motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan komunikasi matematika, dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran (AIR dan konvensional) dengan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian treatment by level factorial 2×3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah XI TAV 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MESIN 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan bantuan software SPSS version 24.0 for Windows. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. Berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (AIR dan konvensional) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan nilai p-value 0,000, motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan nilai p-value 0,032, dan tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan nilai p-value 0,615.

Kata Kunci: Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Kemampuan Komunikasi Matematika, Motivasi Belajar

The aims of this study were to determine the effects of Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) and conventional learning models on mathematical communication skills; high, medium, and low learning motivation on mathematical communication skills; and interactions between learning models(AIR and conventional) and motivation on mathematical communication skills of eleventh grade students at SMK Negeri 2 Tarakan. This research was conducted in the odd semester of the 2019/2020. This was a quasi-experimental research design with a 2 × 3 factorial level treatment. The population of this research was all the eleventh grade students at SMK Negeri 2 Tarakan. Using simple random sampling, the class XI TAV 2 students were taken as an experimental group and class XI MACHINE 2 as a control group. Data were collected using tests of mathematical communication skills and learning motivation questionnaires. Data were analyzed descriptively and inferentially with the help of SPSS version 24.0 for Windows software. Descriptive analysis included arithmetic mean and standard deviation. Inferential analysis used two path variance analysis. The result showed that, at a significance level of 5%, with a p-value 0,000, the learning models (AIR and conventional) affected the ability of mathematical communication. The high, moderate, and low learning motivation influenced the ability of mathematical communication (p = 0,032) and there was no effect of interaction between learning models with learning motivation on mathematical communication skills(p = 0,615). Keywords: Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Mathematical Communication Ability, Learning Motivation

Detail Informasi