Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pairs Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs DDI Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pairs Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs DDI Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pairs Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs DDI Tarakan

Pengarang : Mirna Sugiarti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bermaksud menjawab tiga pertanyaan terkait pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Pertama, apakah model pembelajaran kooperatif TAPPS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan? Kedua, apakah model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa laki-laki? Ketiga, apakah model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS berpengaruh secara signifikan dan konsisten terhadap kemampuan pemecahan masalah di kelas VIII MTs DDI Tarakan pada materi pola bilangan?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian pretest-posttest, non-equivalent multiple-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs DDI Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah semua anggota dari populasi yaitu siswa kelas VIII MTs DDI Tarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan; kedua, terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa laki-laki; ketiga, model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS berpengaruh secara signifikan dan konsisten terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs DDI Tarakan pada materi pola bilangan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs DDI Tarakan.

Kata Kunci: Model Kooperatif, Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS), Pemecahan Masalah Matematika

This study answered three questions releted to the effect of cooperative learning model of Thinking Aloud Pairs Problem Solving (TAPPS) on the abilitiy to solve mathematical problem. First, does TAPPS significantly affect mathematical problem solving ability of female students? Second, does TAPPS significantly affect mathematical problem solving ability of male students? Third, does TAPPS significantly and consistently affect problem-solving ability on number pattern material? This was a quasi-experimental research with pretest-posttest, nonequivalent multiple-group design. The population in this study were all the eighth grade students at MTs DDI Tarakan. Using saturation sampling, all members of the population were taken as the sample. Data collection was carried out using a math problem solving ability test. Data were analyzed descriptively and inferentially. The results of this study indicated that, first, there was a significant difference in the average mathematical problem solving ability of female students. Second, there was a significant difference in the average mathematical problem solving ability of male students. Third, TAPPS significantly and consistently affected the students’ mathematical problem solving ability on material of number patterns. Thus, it was concluded that TAPPS had an effect on the mathematical problem solving ability of eighth grade students at MTs DDI Tarakan. Keywords: Cooperative Model, Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS), Mathematical Problem Solving

Detail Informasi