Modifikasi Sepeda Motor Honda Beat Karbu 110 CC Menjadi Elektrik Vehicle 2 kW | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Modifikasi Sepeda Motor Honda Beat Karbu 110 CC Menjadi Elektrik Vehicle 2 kW

Modifikasi Sepeda Motor Honda Beat Karbu 110 CC Menjadi Elektrik Vehicle 2 kW

Pengarang : PRAYOGA RAJA LAMBOK SILALAHI - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kendaraan listrik saat ini telah banyak digunakan salah satunya adalah kendaraan listrik hasil konversi dari kendaraan motor bakar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses konversi dan peforma dari sepeda motor honda beat 110 CC menjadi sepeda motor listrik (electric vehickle) 2 kW. Proses konversi dilakukan dengan mengganti sistem penggerak motor bakar menjadi motor listrik Brush Less Direct Current 2 kW, menambahkan kontroller juken 10 merek bintang racing team, menggunakan baterai GESITS serta memodifikasi sistem transimisi CVT motor bakar. Hasil pengujian motor listrik konversi, pada pengujian penggerak CVT diperoleh adanya peningkatan kecepatan pada sepeda motor listrik ketika sistem CVT dipatenkan dibandingkan tidak (CVT normal). Konsumsi daya baterai yang dihasilkan pada jalan mendatar sejauh 500 meter pada kecepatan 20, 30, 40 km/jam ialah 533,28, 1.127, dan 2.261,17 watt. Sementara konsumsi daya baterai yang dihasilkan pada jalan menanjak sejauh 100 meter pada kecepatan 20, 30, 40 km/jam ialah 1.963,65, 2.662,3, dan 3.476,52 watt. Torsi yang dihasilkan pada puli sekunder CVT sebesar 19,09 Nm pada putaran 9416 rpm dan torsi yang dihasilkan pada puli primer CVT sebesar 39,96 Nm pada putaran 4500 rpm.

Kata kunci : CVT, Kendaraan listrik, Putaran, Torsi.

Electric vehicles have now been widely used, one of which is an electric vehicle converted from a combustion motor vehicle. This research aimed to determine the conversion process and performance of a 110 cc Honda Beat motorcycle into a 2 kW electric vehicle. The conversion process was c arried out by replacing the combustion motor drive system with a 2 kW Brush Les Direct Current electric motor, adding a Juken 10 controller of Bintang Racing Team brand, using a GESITS battery, and modifying the Continuously Variable Transnission (CVT) transmission system of the combustion motor. The test result of the conversion electric motorcycle in the CVT drive test obtained an increase in speed on the electric motorcycle when the CVT system waspatentedcompared to not patented 500 meters at speeds of 20, 30, and 40 km/hour was 533.28, 1,127, and 2,261.17 watts respectively. Meanwhile, the battery power consumption generatedon an uphill road of 100 meters at speeds of 20, 30, and 40 km/hour was 1,963.65, 2,662.3, and 3,476.52 watts respectively. The torque produced by the CVT secondary pulley was 19.09 Nm at 9416 rpm and the torque produced by the CVT primary pulley was 39.96 Nm at 4500 rpm. Keywords: Continuosly Variable Transmission (CVT), Electric Vehicle, Rotation Torque

Detail Informasi