Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV A Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV A Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar Kota Tarakan

Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV A Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Datar Di Sekolah Dasar Kota Tarakan

Pengarang : SARTINA - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pemahaman yang paling diutamakan dalam pembelajaran matematika adalah pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas IV A SDN 016 Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes soal cerita materi bangun datar dan wawancara. Sebanyak 27 siswa kelas IV A mengisi lembar tes pemahaman konsep kemudian dikelompokkan berdasarkan kategori kemampuan matematika. Sebanyak 5 siswa dipilih secara acak sebagai subjek dalam penelitian ini untuk mewakili kategori kemampuan sedang dan rendah yang mengacu pada 3 indikator di penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan subjek memiliki kemampuan pemahaman sedang dan rendah. Subjek kemampuan sedang menunjukkan pemahaman konsep menyajikan dalam bentuk representasi matematis dan menggunakan atau memanfaatkan prosedur matematika, sedangkan kemampuan rendah hanya memenuhi indikator pemahaman menyajikan konsep. Kesulitan subjek dalam pemahaman konsep diakibatkan karena kesulitan pemahaman bahasa atau kalimat dalam soal, penentuan strategi serta ketidaktelitian dalam melakukan prosedur matematis (operasi hitung).

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Soal Cerita, Bangun Datar, Sekolah Dasar

Conceptual comprehension in mathematics is given the highest priority. This study examined the conceptual knowledge of fourth graders at SDN 016 Tarakan. Descriptive qualitative research methodology is employed. Interviews and story questions on flat material were used to gather data. 27 fourth graders completed concept understanding test forms, which were then categorized by mathematical prowess. To represent the medium and low ability categories, which refer to the three indications in this study, 5 students were randomly chosen as research subjects. The findings indicated that the individuals comprehension skills were low and medium. Medium-ability students can use mathematical techniques and represent ideas with mathematical representations. In contrast, low-ability subjects only meet indicators of understanding presenting concepts. The subject’s difficulties in understanding concepts are caused by difficulties understanding the language or sentences in the problem, determining strategies and inaccuracy in carrying out mathematical procedures (calculation operations). Keywords: Concept Understanding, Story Problems, Flat Figures, Elementary School

Detail Informasi