Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V B Pasca Pandemi Covid-19 Di SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V B Pasca Pandemi Covid-19 Di SDN 016 Tarakan

Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V B Pasca Pandemi Covid-19 Di SDN 016 Tarakan

Pengarang : Rahmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas V B SDN 016 Tarakan. Jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen soal tes kemampuan numerasi berjumlah 3 soal dengan 3 indikator. Subjek penelitian 6 siswa dengan masing masing 2 kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan subjek kategori tinggi mengungkap ketiga indikator kemampuan numerasi yaitu mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol matematika dari diagram gambar dengan melakukan perhitungan penjumlahan dengan tepat, mampu merancang strategi penyelesaian, dapat menyelesaikan soal dengan tepat dalam berbagai macam konteks terkait kehidupan sehari-hari, mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk tabel dengan menuliskan tiga informasi, dan mampu menafsirkan hasil analisis tersebut dengan tepat, tetapi tidak menuliskan kesimpulan. Subjek kategori sedang mengungkap ketiga indikator kemampuan numerasi yaitu mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol matematika dari diagram gambar dengan melakukan perhitungan penjumlahan dengan tepat yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mampu menganalisis sebagian informasi yang ditampilkan dalam bentuk tabel, dan mampu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil kesimpulan. Selain itu, ada subjek yang lambat dalam membaca. Subjek kategori rendah mengungkap satu indikator kemampuan numerasi yaitu mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk tabel dengan menuliskan tiga informasi yang didapatkan, subjek menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari yang berbeda, tetapi tidak dapat melakukan perhitungan dengan tepat yang disajikan dalam bentuk diagram gambar, dan tidak dapat memperoleh hasil menafsirkan analisis untuk memprediksi dan membuat kesimpulan.

Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Pasca Pandemi Covid-19, Sekolah Dasar

The purpose of this study was to describe the numeracy skill of class V B students at SDN 016 Tarakan. A qualitative research design was employed in this study. Tests, Interviews, and documentation were all types of data collection used in this study. The exam for numeracy skills consisted of 3 questions and 3 indications. Six students from each of the three categories, high, medium, and low were served as the research subjects. The research’s findings showed that high category students demonstrated three indicators of numeracy skill, including the capacity to use a variety of numbers or mathematical symbols from picture diagrams by correctly performing addition calculations, the capacity to design solution strategies, the capacity to analyze information displayed in tabular form by writing down three pieces of information, and the capacity to formulate solution strategies. Three indicators of numeracy were revealed in medium category subjects, including the ability to perform precise addition calculations using a variety of numbers or mathematical symbols from picture diagrams, the ability to analyze some information presented in tabular form, and the ability to interpret the results of the analysis to predict and drew conclusions. In addition, there were some themes that read slowly. The ability to analyze information presented in tabular form by noting down three pieces of information obtained by low category subjects revealed an indicator of numeracy skill. Subjects used a variety of numbers or symbols related to basic mathematics to solve problems in various contexts of daily life, but they were unable to carry out calculations correctly when presented in the form of graphic diagrams and were unable to interpret analysis to predict and make conclusion. Keywords: Numeracy Skills, Post Covid-19 Pandemic, Elementary School

Detail Informasi