Analisis Keputusan Pembelian Melalui Pendekatan Structural Equation Modelling Partial Least Square Di Kedai Oh My Grill Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
No image available for this title

Analisis Keputusan Pembelian Melalui Pendekatan Structural Equation Modelling Partial Least Square Di Kedai Oh My Grill Kota Tarakan

Pengarang : Satriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan untuk menjawab pertanyaan (1) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian di Kedai Oh My Grill (2) faktor apa saja yang signifikan mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian di Kedai Oh My Grill. Penelitian ini menggunakan metode penentuan sampel yaitu teknik random sampling dengan jumlah sampel 100 orang dan metode analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan untuk makan di Kedai Oh My Grill yaitu faktor sosial, faktor Psikologis ,faktor pribadi dan faktor budaya. Sedangkan faktor yang signifikan yaitu faktor sosial dengan nilai signifikasi P-Value 0,026 < 0,05, faktor pribadi dengan nilai signifikasi P-Value 0,008 < 0,05 dan faktor budaya dengan nilai signifikasi P-value 0,009 < 0,05. Dan faktor yang tidak berpengaruh signifikan yaitu faktor Psikologis dengan nilai Signifikan P-Value 0,352 > 0,05.

Kata kunci: Keputusan pembelian, SEM, SEM-PLS.

This research is driven by the aim of addressing two key questions: (1) What factors influence consumer behavior in their choice to dine at Oh My Grill? and (2) Which of these factors have a significant impact on consumer behavior in choosing Oh My Grill as their dining destination? In the pursuit of answers, this study employed a robust random sampling technique, involving 100 participants, and adopted the SEM-PLS method for data analysis. The research findings underscore the multifaceted nature of factors influencing consumer behavior towards dining at Oh My Grill. These factors encompass social, psychological, personal, and cultural dimensions. Notably, social factors emerged as a significant influencer, as indicated by a P-Value of 0.026, which is less than the significance level of 0.05. Similarly, personal factors demonstrated their significance with a P-Value of 0.008, as did cultural factors with a P-Value of 0.009, both falling below the 0.05 level. Conversely, the psychological factor did not exhibit a significant effect, as reflected in its P-Value of 0.352, exceeding the 0.05 significance level. Keywords Purchase decision, SEM, SEM-PLS

Detail Informasi