
Analisis Pengaruh Baterai Lithium-Ion Kapasitas 72 Volt Terhadap Jarak Tempuh Sepeda Motor Honda Beat Electric Vehicle 2 Kw
Pengarang : Khairul Saleh - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Pertambahan jumlah kendaraan dengan mesin pembakaran dalam berdampak pada meningkatnya konsumsi bahan bakar hingga menyebabkan krisis bahan bakar fosil dan degradasi lingkungan. Hal ini mendorong berkembangnya industri transportasi kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. Tantangan teknis yang menjadi perhatian dalam hal ini adalah terkait dengan penggunaan teknologi baterai. Telah dilakukan rangkaian penelitian berkelompok dengan maksud mengkonversi motor bakar 110 cc menjadi sepeda motor listrik berkapasitas 2 kW. Salah satu yang menjadi fokus penelitian adalah terkait dengan penggunaan baterai jenis lithium-ion berkapasitas 72 V 20 Ah. Dalam ujicoba awal pada skala laboratorium menunjukan bahwa baterai mampu mengoperasikan motor listrik BLDC 2 kW. Selanjutnya dilakukan pengujian pada jalan mendatar dan menanjak dengan variasi kecepatan 20, 30 dan 40 km/jam. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin jauh lintasan jalan dan semakin tinggi kecepatan maka semakin meningkat juga konsumsi daya motor terhadap baterai. Konsumsi daya tertinggi terjadi pada kecepatan 40 km/jam di jalan menanjak 100 meter dengan konsumsi 86,144 kWh, sedangkan konsumsi daya terendah yakni 38,865 kWh terjadi pada kecepatan 30 km/jam dengan jarak 100 meter pada jalan menanjak.
Kata kunci: Baterai, Konsumsi Daya, Lithium-ion, Sepeda Motor listrik.
The increasing number of vehicles with internal combustion engines impacts fuel consumption, causing a fossil fuel crisis and environmental degradation. It has led to development of a more environmentally friendly electric vehicle transport industry. In this regard, a technical challenge of concern is the use of battery technology. A series of group research has been conducted with the intention of converting a 110-cc combustion motorbike into a 2 KW electric motorbike. One research focuses on using lithium-ion batteries with a capacity of 72 V 20 Ah. Initial tests on a laboratory scale showed that the battery was able to operate a 2 kW BLDC electric motor. Furthermore, testing was conducted on flat and uphill roads with 20, 30 and 40 km/hour variations. The results showed that the further the road track and the higher the speed, the more the motor power consumption increases towards the battery. The highest power consumption occurred at a speed of 40 km/h on a 100- metre uphill road with a consumption of 86.144 kWh, while the lowest power consumption of 38.865 kWh occurred at a speed of 30 km/h with a distance of 100 meters on an uphill road. Keywords: Battery, Power Consumption, Lithium-ion, Electric Motorbike