Pengembangan Buku Soal Bahasa Indonesia Dengan Tema Kemaritiman Di Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Buku Soal Bahasa Indonesia Dengan Tema Kemaritiman Di Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan

Pengembangan Buku Soal Bahasa Indonesia Dengan Tema Kemaritiman Di Kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan

Pengarang : Aulia Chandra Aprianto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku soal Bahasa Indonesia dengan tema kemaritiman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswa kelas XI SMA Hang Tuah Tarakan dan menghasilkan produk buku soal tema kemaritiman yang efektif dari segi keefektifan dan kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research dan Development) dari model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Setyosari (2013) yang dibatasi sampai pada tahap ke tujuh yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk akhir. Uji produk dilakukan dengan melibatkan validator pengembangan buku, uji praktisi melibatkan guru Bahasa Indonesia, dan uji coba lapangan melibatkan siswa kelas XI dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Hang Tuah Tarakan. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian dari validasi penyajian buku soal Bahasa Indonesia melalui angket oleh pakar materi mendapat 95%, dari pakar bahasa mencapai 75%, dan pakar desain mencapai 95%. Hasil angket tanggapan dari guru terhadap buku soal Bahasa Indonesia dengan tema kemaritiman sebesar 95% dan tanggapan siswa mendapat skor 149 dengan presentase 87%. Uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di SMA Hang Tuah Tarakan. Hasil penelitian dan pengembengan buku soal Bahasa Indonesia layak digunakan dalam pembelajaran bahasa indonesia.

Kata kunci : Pengembangan Buku Soal, Bahasa Indonesia, Kemaritima

The goal of this study was to develop a maritime-themed question book for students in SMA Hang Tuah Tarakan's eleventh grade to use in their study of Indonesian language, and to create a product that was both feasible and effective. The Borg and Gall model, as modified by Setyosari (2013), was used in this research and development study, but it was only applied to the seventh stage-research and information gathering, planning, initial product development, initial testing, product revision, testing field test, and final product revision. Product testing was carried out with the help of book development validators, Indonesian teachers serving as practitioners, and XI grade students studying Indonesian at SMA Hang Tuah Tarakan. The research's instrument was composed of teacher interview guide sheets, validation questionnaires from subject matter experts, linguists, and design experts, as well as questionnaires for teachers and students. Results of the study showed that the subject matter expert validated the Indonesian language question book's presentation with 95% accuracy, the language expert with 75%, and the design expert with 95% accuracy. The teacher's response to the seafaring-themed Indonesian language question book received a score of 95%, while the student's response received a score of 149 and an 87% percentage. The test of the developed product was carried out at SMA Hang Tuah Tarakan. The outcomes of the study and the development of Indonesian language tests are appropriate for use in Indonesian language instruction. Keywords: Question Book Development, Indonesian, Maritime

Detail Informasi