Peran Guru Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Kelas VI-A SD Negeri 032 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Kelas VI-A SD Negeri 032 Tarakan

Peran Guru Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Kelas VI-A SD Negeri 032 Tarakan

Pengarang : Fitri Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membina kedisiplinan siswa kelas VI-A SDN 032 Tarakan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini adalah peran guru dalam membina kedisplinan siswa kelas VI-A SDN 032 Tarakan. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu Kepala sekolah, wali kelas, dan siswa dan data sekunder yaitu visi dan misi SDN 032 Tarakan, tata tertib SDN 032 Tarakan, daftar kehadiran guru dan siswa kelas VI-A, peraturan kelas, buku pelanggaran siswa kelas VI-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yaitu melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas VI-A SDN 032 Tarakan telah melaksanakan perannya yaitu : (1) Peran guru sebagai pengarah dalam membina kedisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas, guru melakukan dengan menggunakan metode mengarahkan siswa dengan cara menjelaskan pembelajaran yang akan diberikan tugas untuk diberikan tugas kepada siswa agar dapat disiplin yaitu mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. (2) Peran guru sebagai teladan yaitu masuk sekolah dan berpakaian dengan rapi, maka guru dapat memberikan contoh kepada siswa.

Kata Kunci: Peran Guru, Pengarah, Teladan, Kedisiplinan Siswa

This study aimed to describe the role of teachers in fostering discipline of students in class VI-A of SDN 032 Tarakan. This type of research used descriptive qualitative research. The focus of this research was the role of teachers in fostering the discipline of students in class VI-A SDN 032 Tarakan. The data sources used were primary data including the principals, homeroom teachers, and students and secondary data, namely the vision and mission of SDN 032 Tarakan, the rules of SDN 032 Tarakan, the attendance lists of class VI-A teachers and students, class rules, class VI-A student violation report book. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Qualitative data analysis techniques consisted of a process of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the VI-A class teacher of SDN 032 Tarakan had carried out their role as follows: (1) The teacher acted as the directors in fostering student discipline in doing assignments, the teacher did so by using certain methods, namely directing students by explaining the learning material and giving assignments to students to be more disciplined, especially by collecting assignments on time. (2) the teacher acted as role models by coming to school punctually and dressing neatly so that they could set an example for students. Keywords: Teacher Role, Director, Role Model, Student Discipline

Detail Informasi