
Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Lain Cafe Tarakan
Pengarang : Yudha Eka Prastya - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Trend bisnis di bidang kuliner sangat menarik untuk diikuti, mengingat kebutuhan dan keinginan para konsumen yang tinggi dan bervariasi dalam hal kuliner. Aspek Kuliatas Produk dan Pelayanan adalah poin yang sangat penting, dengan adanya beberapa varian menu di Lain Cafe memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen yang berkunjung di Lain Cafe. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah faktor kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Lain Cafe (2) Untuk mengetahui apa faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen di Lain Cafe. Kualitas produk dan pelayanan merupakan faktor yang penting dalam membentuk kepuasan konsumen di coffee shop Penelitian Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Lain Cafe Tarakan ini dilaksanakan di Kota Tarakan, Metode penentuan sampel adalah Purporsive dengan responden 60 orang, Sumber data penelitian ini adalah data skunder dan primer, metode analisis data mengunakan uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa masing-masing r hitung dari r tabel (0,254) Valid. dapat diketahui variabel kualitas Produk memiliki nilai alpha sebesar (0.918), Kualitas Pelayanan (0,916) dan Kepuasan Konsumen (0,800) dengan keterangan reliabel. Diketahui uji asumsi klasik memiliki nilai uji normalitas sebesar (0,200), niali uji multikolinieritas variabel kualitas produk (2,477) dan kualitas pelayanan (2,477), dan tidak terjadi heteroskedastisitas dengan uji scatterplot. Berdasarkan uji F menunjukkan Kepuasan Konsumen di Lain Cafe signifikan 0,000, artinya kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen di Lian Cafe Kota Tarakan dan berdasarkan uji t hasil analisis pada penelitian ini menghasilkan tidak ada faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen di Lain Cafe Kota Tarakan tetapi ada satu pernyataan dalam indikator yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Lain Cafe yaitu kualitas produk yang di persiapkan (Fit and finish) nilai signifiksn 0,015.
Kata kunci : Kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen, lain cafe
Business trends in the culinary sector are exciting to follow, considering consumers'high and varied needs and desires in culinary matters. Culinary business concepts, such as restaurants, cafes or coffee shops, are very diverse. Coffee shops are starting to appear in remote villages to urban centres. Product quality is a crucial factor in shaping coffee shop consumer satisfaction. This research focused on the Influence of Product and Service Quality on Consumer Satisfaction in Lain Cafes in Tarakan. The sampling method was purposive, with 60 respondents. This research's data source was secondary and primary, and data analysis methods used validity tests, reliability tests, classical assumption tests, R2 determination tests, and multiplelinear regression tests. It can be seen that each calculated r from the r table (0.254) was valid. The Product Quality variable had an alpha value of (0.918), Service Quality (0.916) and Consumer Satisfaction (0.800) with reliable information. The classical assumption test had a normality test value of (0.200), a multicollinearity test value for product quality variables (2.477) and service quality (2.477), and there was no heteroscedasticity with the scatterplot test. TheF test showed that consumer satisfaction at Lain Cafe was significant at 0.000, meaning that product and service quality had a positive and significant effect simultaneously on consumer satisfaction and based on the t-test, the results of the analysis produced no factors that influence consumer satisfaction. One statement in the indicator that influenced consumer satisfaction, was the quality of the product prepared (Fit and finish) with a significant value of 0.015. Keywords: Product quality, service quality, consumer satisfaction