Pengembangan Modul Pembelajaran Literasi Sains Kelas V Berbasis Project Based Learning | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Literasi Sains Kelas V Berbasis Project Based Learning

Pengembangan Modul Pembelajaran Literasi Sains Kelas V Berbasis Project Based Learning

Pengarang : Nurul Lisdiana Darwis - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pada Penelitian ini terdapat permasalahan yang ditemukan oleh peneliti yaitu kurangnya sumber belajar siswa dikelas sehingga guru harus mencari referensi tambahan melalui internet mengenai materi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul pembelajaran literasi sains berbasis Project Based Learning untuk menambah sumber belajar dan referensi guru dalam proses pembelajaran pembelajaran ekosistem kelas V. Kelayakan media pembelajaran dan respon siswa terhadap media yang dikembangkan menjadi tujuan utama dalam mengembangkan model pembelajaran ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan sebuah produk dengan model 4-D yaitu, tahap define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), disseminate (penyebarluasan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket validasi dan lembar angket respon siswa. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi, ahli bahasa, dan ahli praktisi menunjukkan kategori yang sangat layak dengan persentase masing-masing yaitu 96%, 90% dan 93,7% Adapun hasil validasi ahli media sebesar 78% dengan kategori layak. Selanjutnya hasil respon siswa ditinjau dari penggunaan modul pembelajaran menunjukkan respon siswa dengan kategori sangat tertarik dengan persentase uji coba terbatas 89,2% dan uji coba penuh 93,5% sehingga membuat siswa tertarik untuk belajar dan memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media, materi, bahasa dan respon siswa maka modul pembelajaran dinyatakan layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran ekosistem.

Kata Kunci: Literasi Sains, Modul Pembelajaran, Project Based Learning

In this research, there was a problem in the case of the lack of student learning resources in class so the teacher had to look for additional references via the internet regarding learning materials. This research was conducted to develop a scientific literacy learning module based on Project-Based Learning to increase learning resources and teacher references in the learning process of ecosystem learning material for class V. The feasibility of the learning media and students' responses to the media being developed were the main objectives in developing this learning model. This type of research was a research and development (R&D) that aimed to produce a product with a 4-D model, namely, the stages of define, design, develop, and disseminate. The data collection instruments used were the questionnaire validation sheet and the student response questionnaire sheet. The validation results obtained from the material expert, language expert, and practitioner expert indicated a very feasible category with a percentage of 96%, 90%, and 93.7% respectively. The result of media expert validation was 78% classified into feasible category. Furthermore, the result of students' responses in terms of the use of the learning module revealed a very interesting category with the percentages of limited tryouts of 89.2% and full tryouts of 93.5%, thus making students interested in learning and understanding the learning material. Based on the validation results from the experts of media, material, language, and students' responses; the learning module was declared feasible and interesting to use in the process of learning the ecosystem material. Keywords: Scientific Literacy, Learning Module, Project-Based Learning

Detail Informasi