Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas V Di SDN 015 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas V Di SDN 015 Tarakan

Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas V Di SDN 015 Tarakan

Pengarang : Bambang Ahmad Fauzan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan penguasaan siswa dalam ranah kognitif yang menekan pada aspek intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana pada siswa kelas V di SDN 015 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dikonfirmasi melalui wawancara tidak terstruktur dan hasil analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan seluruh soal pecahan pada tahap kemampuan kognitif yaitu soal nomor 1 hingga nomor 6 dengan level kognitif C1-C3 karena soal yang diberikan dapat diselesaikan dengan menggunakan cara yang sesuai dengan penyelesaian soal, (2) subjek dengan kategori sedang mampu menyelesaikan soal pada 5 soal pecahan kemampuan kognitif yaitu soal nomor 1 hingga nomor 5 dengan level kognitif C2 dan C3, namun tidak mampu menyelesaikan soal pada tahap C1 karena subjek tidak dapat menuangkan nilai pecahan pada sebuah gambar segitiga, (3) subjek dengan kategori rendah hanya mampu menyelesaikan soal pada 2 soal pecahan kemampuan kognitif yaitu C2, namun tidak mampu menyelesaikan soal pada tahap C1 dan C3 karena berbagai permasalahan tidak terselesaikan dengan baik sesuai dengan jawaban yang diharapkan dalam penyelesaian soal tersebut. Oleh karena itu, ditemukan bahwa kemampuan kognitif berbeda-beda pada setiap siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Kemampuan Kognitif, Pecahan Sederhana

Cognitive competence is students' mastery of the cognitive domain that emphasizes intellectual aspects, such as knowledge and low-level and high-level thinking skills. This research describes the cognitive competence in solving simple fraction problems in grade V students at SDN 015 Tarakan. This research used descriptive qualitative. The research subjects were selected based on high, medium and low categories of students. Data collection was conducted in unstructured interviews, and the results were analyzed using qualitative descriptive analysis. The results showed that (1) subjects in the high category were able to solve all problems at the cognitive competence stage, namely C1-C6 because the problems given could be solved by using a method that followed the problem-solving. (2) subjects in the medium category were able to solve problems at five stages of cognitive competence, namely C1-C5, but unable to solve the problem at the C6 stage because the subject could not solve of fraction 1/6 in a triangular figure, (3) low category subjects were only able to solve the problem at two stages of cognitive ability, namely C1-C2, but were unable to solve the problem at the C3-C6 stage because various problems were not resolved properly following the expected answer in solving the problem. Therefore, it was found that cognitive competence varies in each student. Keywords: Student Competence, Cognitive Competence, Simple Fractions

Detail Informasi