
Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Angkutan Kapal Kayu Penyeberangan Antar Pulau Tarakan – Pulau Sebatik
Pengarang : Nurshalina Arsyad - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bermaksud menjawab dua pertanyaan terkait Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Angkutan Kapal Kayu Penyeberangan Antar Pulau Tarakan – Pulau Sebatik. Perlindungan konsumen juga masuk dalam sektor pengguna jasa angkutan barang. Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) tercantum didalamnya. Permasalahan pertama, perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa angkutan. Kedua, tanggung jawab pelaku usaha jasa angkutan barang atas barang yang diangkut. Skripsi ini menggunakan metode normatif. Penelitian ini juga disebut penelitian dengan analisis teori dan peraturan Perundang – undangan. Hasil penelitian pertama perlindungan terhadap konsumen pengguna jasa angkutan dengan memberikan edukasi serta sosialisasi pada konsumen terkait pentingnya kelengkapan berkas manifest barang yang dikirim, dan penggunaan pihak ketiga yaitu asuransi. Kedua tanggung jawab pelaku usaha jasa angkutan terhadap barang yang diangkut jelas diatur pada pasal 41 ayat (1) Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran hal – hal yang menjadi tanggung jawab pelaku usaha dan dapat dibuktikan benar kesalahan menjadi tanggung jawab pelaku usaha dengan delik praduga tidak bersalah pelaku usaha bertanggung jawab melakukan kewajiban mengganti rugi dengan jelas terbukti kelalaian dilakukan oleh pihak kapal yaitu nakhoda dan ABK kapal. Dengan demikian pentingnya pihak ketiga yaitu asuransi sebagai administrasi kelengkapan manifest berkas barang kiriman, konsumen dapat melakukan klaim dan menerima pertanggungjawaban apabila terjadi hal yang tidak diingin kan sengaja mau tidak disengja yang mengakibatkan rusak maupun hilang terhadap barang angkutan akan menjadi tanggung jawab pelaku usaha.
Kata Kunci: Perlindungan hukum, Konsumen, Jasa pengangkutan Mengetahui
The purpose of the research was to answer two questions related to legal protection of consumers of wooden boat transportation services between Tarakan island- Sebatik island. Consumer protection is also included in the sector of users of freight transportation services Law No. 8/1999 on Consumer Protection (UUPK) is includedThe first problem is the legal protection of consumers who use transportation services. Second, the responsibility of business actors of freight transportation services for goods transported. This thesis uses a normative methodThe research is also called research by analyzing theories and laws and regulations The first research result is protection of consumers who use transportation services by providing education and socialization to consumers relating to the importance of the completeness of the manifest file of goods sent, and the use of third parties, namely insurance. Second, the responsibility of the transportation service business actor for the goods transported is clearly regulated in Article 41 paragraph (1) of Law Number 17 of 2008 concerning Shipping matters that are the responsibility of the business actor and can be proven to be true mistakes are the responsibility of the business actor with the presumption of innocence, the business actor is responsible for carrying out the obligation to compensate clearly proven negligence committed by the ship, namely the captain and crew. Thus, the importance of a third party, namely insurance as an administration of the completeness of the manifest file of consignments, consumers can claim and accept responsibility if something happens that is not wanted intentionally or unintentionally which results in damage or loss of transportation goods will be the responsibility of the business actors Keywords: Consumer Protection, Consumers, Transportation Services