Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik PJOK Kurikulum 2013 Materi Gerak Seimbang Dominan Dinamis Berbasis Permainan Tradisional Kelas III SDN 045 Binalatung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik PJOK Kurikulum 2013 Materi Gerak Seimbang Dominan Dinamis Berbasis Permainan Tradisional Kelas III SDN 045 Binalatung

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik PJOK Kurikulum 2013 Materi Gerak Seimbang Dominan Dinamis Berbasis Permainan Tradisional Kelas III SDN 045 Binalatung

Pengarang : Asmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SDN 045 Binalatung yaitu guru kesulitan mengajarkan muatan pelajaran PJOK dikarenakan bahan ajar yang tersedia di sekolah jumlahnya tidak sebanding dengan banyaknya peserta didik, akibatnya peserta didik cenderung bermain-main dan tidak memperhatikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) PJOK materi gerak seimbang dominan dinamis berbasis permainan tradisional yang layak ditinjau dari validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli media dan ahli praktisi serta untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi yang dilakukan kepada ahli materi diperoleh persentase sebesar 88,8% berada pada kategori sangat layak, ahli bahasa sebesar 86,6% berada pada kategori sangat layak, ahli media sebesar 78,5% berada pada kategori layak dan ahli praktisi sebesar 96,6% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD PJOK materi gerak seimbang dominan dinamis berbasis permainan tradisional layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba produk awal mencapai persentase sebesar 99,2% dan persentase uji coba produk utama sebesar 97,5% yang masuk dalam kategori sangat baik. Kemudian, respon guru menyatakan bahwa LKPD mendapatkan persentase sebesar 96,9% berada pada kategori sangat baik.

Kata Kunci: LKPD, Gerak Seimbang Dominan Dinamis, Kelas III

The problems faced by teachers at SDN 045 Binalatung Teachers had difficulty teaching PJOK subject content because the teaching materials available at school were not proportional to the number of students; as a result, students tended to pay little attention to learning The research aims to produce a product of PJOK Students Worksheet (LKPD) of dynamic dominant balanced motion material based on traditional games that were feasible to validate material experts, linguists, media experts and practitioner experts. This type of research was research and development (R&D) This research used the ADDIE development model, which consists of 5 stages Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The validation results on material experts obtained 88.8% in the very feasible category, language experts 86.6% in the very feasible category, media experts 78.5% in the feasible category and expert practitioners of 96.6% in the very feasible category. The validation results showed that the LKPD PJOK dynamic dominant balanced motion material based on traditional games is suitable for learning. The results of the student response reached a percentage of 99.2%, and the percentage of the main product trial was 97.5%, which was in the very good category. Then, the teacher's response stated that the LKPD received 96.9% in the very good category. Keywords: LKPD, Dymanic Dominant Balanced Motion, Class III

Detail Informasi