
Deskripsi Penggunaan Metode Resitasi (Penugasan) Pada Pembelajaran Tematik Kelas III-A Di SDN 032 Tarakan
Pengarang : Herlin Rande - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode resitasi (penugasan) pada pembelajaran tematik kelas III-A SDN 032 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus pada penggunaan metode resitasi (penugasan) dengan dimensi tiga fase yaitu fase pemberian tugas, fase pelaksanaan tugas dan fase mempertanggung jawabkan tugas. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu guru kelas III-A dan siswa kelas III-A di SDN 032. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu berupa pedoman observasi guru pada penggunaan metode resitasi (penugasan), pedoman observasi siswa pada penggunaan metode resitasi (penugasan), pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa kelas III-A SDN 032 Tarakan telah menerapkan tiga fase dalam metode resitasi (penugasan) yaitu fase pemberian tugas yang terdiri dari kesesuaian tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, jenis tugas jelas sehingga anak mengerti apa yang ditugaskan, pemberian tugas sesuai dengan kemampuan siswa, terdapat petunjuk atau sumber yang dapat membantu pekerjaan siswa, sediakan waktu yang cukup untuk mengerjakan tugas tersebut. Fase pelaksanaan tugas yang terdiri dari adanya pemberian bimbingan atau pengawasan oleh guru, pemberian motivasi sehingga anak mau mengerjakan tugas, siswa mengerjakan secara mandiri tidak meminta bantuan orang lain, dianjurkan agar siswa mencatat hasil-hasil yang ia peroleh dengan baik dan sistematik. Fase mempertanggung jawabkan tugas yang terdiri dari pengumpulan tugas siswa baik lisan atau tulisan dari apa yang telah dikerjakannya, ada tanya jawab diskusi kelas, dan memberikan penilaian hasil pekerjaan siswa baik dengan tes maupun non tes atau cara lainnya.
Kata Kunci: Deskripsi, Metode Resitasi (Penugasan), Pembelajaran Tematik
The aim of this research was to describe the use of the recitation (assignment) method in thematic learning for class III-A SDN 032 Tarakan. The type of this research was descriptive qualitative research. This research focused on the use of the recitation (assignment) method with three phase dimensions, namely the assignment phase, the assignment implementation phase, and the assignment responsibility phase. The data sources in this research were primary and secondary data with informants who were class III-A teachers and class III-A students at SDN 032. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. The instruments used were teacher observation guidelines on the use of the recitation method (assignment), student observation guidelines on the use of the recitation method (assignment), interview guidelines, and documentation. Qualitative data analysis techniques were carried out through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research showed that the teachers and students of class III-A SDN 032 Tarakan had implemented three phases in the recitation (assignment) method, the phases were the assignment phase which consists of matching the learning objectives to be achieved, clear assignment that made students understood what was being assigned, assignment according to the student's abilities, some instructions or resources that can help the student's work, provided sufficient time to complete the assignment. The task implementation phase consists of providing guidance or supervision by the teacher, providing motivation so that the child wants to do the task, and students work independently without asking for help from others, it was recommended that students record the results they obtain well and systematically. The task accountability phase consists of collecting students' assignments either verbally or in writing from what they had done, there were class discussion questions and answers, and providing an assessment of the results of students' work either by tests or non-tests or another way. Keywords: Description, Recitation Method (Assignment), Thematic Learning