
Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Mencari Variasi, Dan Harga Produk Terhadap Perpindahan Merek Sabun Mandi
Pengarang : DELSY FRANSISKA - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Mencari Variasi, Harga Produk Terhadap Perpindahan Merek Sabun Mandi dikalangan mahasiswa-mahasiwi universitas borneo tarakan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner dan metode pengambilan sampel yaitu metode non-probability sampling, dengan jumlah responden sebanyak 280. metode analisis data yang di gunakan penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linier berganda dengan bantuan program SPPS versi 23. hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Ketidakpuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap pepindahan merek sabun mandi (2) Mencari Variasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek sabun mandi (3) Harga Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek sabun mandi. Hal ini menunjukan bahwa variabel ketidakpuasan konsumen,mencari variasi, dan harga produk, berpengaruh terhadap perpindahan merek yang dilakukan oleh mahasiwa universitas borneo tarakan.
Kata Kunci: Ketidakpuasan Konsumen, Mencari Variasi, Harga Produk Dan Perpindahan Merek
This research aims to examine the influence of consumer dissatisfaction, variety seeking, and product prices on bath soap brand switching among students at Borneo Tarakan University. This research uses a survey method with a questionnaire instrument and the non-probability sampling method, with a total of 280 respondents. The data analysis method used in this research consists of validity tests, reliability tests, normality tests, and multiple linear regression tests with the SPSS program version 23. The research results show that (1) consumer dissatisfaction has a positive and significant effect on bath soap brand switching (2) variety seeking has a positive and significant effect on bath soap brand switching (3) Product price has a positive and significant effect on bath soap brand switching. These results show that the variables of consumer dissatisfaction, seeking variety, and product price, influence brand switching done by students at Borneo Tarakan University. Keywords: Consumer Dissatisfaction, Variety Seeking, Product Price and Brand Switching