Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Tarakan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Tarakan

Pengarang : INDAH UMI UMARA - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame di Kota Tarakan secara parsial dan silmultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda. Penelitian ini dilakukan di Kantor Badan Pengelolaan, Keuangan, Aset Daerah (BPKAD) Kota Tarakan . Data yang digunakan adalah data sekunder selama 7 tahun mulai tahun 2015-2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial jumlah penduduk, jumlah kendaraan, jumlah perusahaan dan toko serta PDRB tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan pajak reklame. Adapun secara simultan, jumlah penduduk, jumlah kendaraan, jumlah perusahaan dan toko serta PDRB tidak berpengaruh terhadap penerimaan pajak reklame. Hasil koefisien determinan bahwa nilai R- Square 95,4% sisanya 4,6% sehingga dapat disimpulkan pengaruh jumlah penduduk, jumlah kendaraan, jumlah perusahaan dan toko serta PDRB terhadap naik turunnya penerimaan pajak reklame adalah sebesar 95,4% dan sisanya 4,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat pada persamaan regresi

Kata kunci : Penerimaan pajak reklame, Jumlah penduduk, jumlah kendaraan, jumlah perusahaan dan toko, PDRB.

The aim of this research is to determine the factors that influence advertising tax revenue in Tarakan City partially and simultaneously. This type of research is quantitative research. This research uses multiple linear analysis methods. This research was conducted at the Tarakan City Regional Asset Management, Finance and Assets Agency (BPKAD) Office. The data used is secondary data for 7 years starting from 2015-2021. The results of this research show that partially the population, number of vehicles, number of companies and shops and GRDP do not have a significant effect on advertising tax revenues. Simultaneously, the number of residents, number of vehicles, number of companies and shops and GRDP have no effect on advertising tax revenues. The results of the determinant coefficient show that the R-Square value is 95.4%, the remainder is 4.6%, so it can be concluded that the influence of population, number of vehicles, number of companies and shops and GRDP on the rise and fall of advertising tax revenues is 95.4% and the remainder is 4.6 % is explained by other variables that are not in the regression equation Keywords: Advertising tax revenue, population, number of vehicles, number of companies and shops, GRDP.

Detail Informasi