
Survei Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Di TK Al-Istiqlal Kota Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023
Pengarang : Sari Sasmita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nilai-nilai karakter anak usia dini di TK Al-istiqlal Tarakan. Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan upaya penanaman perilaku atau sikap yang terpuji pada anak, dengan memiliki karakter yang baik akan bermanfaat untuk kesuksesan hidupnya. Adapun Jenis penelitian yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan pengumpulan data melalui skala serta teknik analisis data yang di gunakan adalah statistik deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah TK kelompok A dan B di TK Al-istiqlal Tarakan. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa di TK Al-istiqlal Tarakan. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelompok B sebanyak A 10 sampel dan kelompok B sebanyak 40 sampel dari jumlah populasi sebanyak 50 orang yang terdiri dari orang tua siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat nilai karakter anak usia dini TK Al-Istiqlal kota Tarakan berada pada kategori tinggi, dilihat dari hasil survey yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 22.0 for windows. Sebanyak 17 orang anak pada interval 88-95 dengan presentase 32%. Nilai-nilai karakter yang dimiliki anak-anak tersebut meliputi, karakter bertanggung jawab, disiplin, kerja sama dan mandiri.
Kata Kunci: Karakter, Anak Usia Dini
This research aimed to describe the character values of the early childhood pupils of TK Al-Istiqlal Kota Tarakan. Character education in early childhood is an effort to instill commendable behavior or attitudes in children. Having good character will be beneficial for their success in life. The present research employed survey research. The data were collected using a scale and were then analyzed using descriptive statistics. The population and sample in this research were the pupils of Group A and Group B of TK Al-Istiqlal Kota Tarakan. The total number of samples consisted of 10 pupils from Group A and 40 pupils from Group B out of a total population of 50 samples consisting ofpupilss parents by using a saturated sampling technique. Based on the research results, it was found that the level of character values in early childhood kindergarten of TK Al-Istiqlal Kota Tarakan was in the high category. The results of questionnaire analysis using Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 22.0 for Windows program showed that the majority of pupils (17 pupils) were at the interval of 88-95 with a percentage of 32%. The character values possessed by these pupils included the character of being responsible, disciplined, cooperative, and independent. Keywords: Character Values, Early Childhood