Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan

Pengaruh Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Mariati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa; pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa; pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Ramdom Sampling dan diperoleh sampel keseluruhan sebanyak 67 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket motivasi belajar, angket minat belajar dan tes matematika dalam bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang terdiri dari rata-rata, standar deviasi dan persentase dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan dengan persamaan regresi Y ̂_1=41,834+0,478X, dan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan dengan persamaan regresi Y ̂_2=40,181+0,507X. Selain itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara motivasi dan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan dengan persamaan regresi Y ̂=16,300+0,423X_1+0,523X_2. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui motivasi dan minat belajar secara simultan memberikan pengaruh sebesar 19,5% terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

This research aimed to find out the effect of learning motivation on students’ ability to understand mathematical concepts; the effect of learning interest on students’ ability to understand mathematical concepts; the effect of motivation and interest in learning on the ability to understand mathematical concepts of ninth grade SMP Negeri 10 Tarakan student. This research was conducted in the even semester of the 2022/2023 academic year. This quantitative research used survey method. The population in this research was all minth grade SMP Negeri 10 Tarakan students. Sampling was done with the Simple Random Sampling technique and a total sample 67 students was obtained. The technique of data collection in this research was by spreading the learning motivation questionnaire, learning interest questionnaire and math test in the form of description. An average, standard deviation, and percentage-based descriptive statistical analysis was performed to analyze the data, and multiple regression and semple regression analysis were employed to test hypotheses. The results of the research showed that there was a partially significant effect of learning motivation on the ability to understand mathematical concept of the students with the regression equation Y1=41,834+0,478X, and there was a partially significant effect of the interest in learning on the ability to understand mathematical concept with the regression equation Y2=40,181+0,507X. in addition, the resukt showed that there was a significant effect simultaneously of motivation and interest in learning on the ability to understand mathematical concept with the regression equation Y=16,300+0,423X1+0,523X2. Based on the calculation of the coefficient of determination, it was known that motivation and interest in learning simultaneously had an effect of 19,5% on the ability to understand mathematical concepts of the ninth-grade students of SMP Negeri 10 Tarakan. Keywords: Learning Motivation, Interest in Learning, Ability to Understand Mathematical Concepts

Detail Informasi