
Etnomatematika Pada Tari Busak Baku Suku Dayak Lundayeh
Pengarang : Mairina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan unsur matematika SMP yang ada di dalam tari busak baku Dayak Lundayeh, (2) mengetahui pandangan siswa jika etnomatematika pada tari busak baku suku Dayak Lundayeh dijadikan konteks dalam pembelajaran matematika SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari pemimpin, pelatih, penari Sanggar Tari Rasat Eco dan tiga siswa SMPK Frater Don Bosco Tarakan. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan pemadatan data, penyajian data, penarikan dan verifikasi kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun temuan pertama penelitian ini yaitu etnomatematika yang terdapat pada gerakan dan pola lantai tari busak baku suku dayak lundayeh berupa konsep geometri yaitu sudut, garis sejajar, garis lurus (horizontal) dan bangun datar persegi panjang, segitiga, lingkaran, segitiga tumpul. Temuan kedua yaitu pandangan peserta didik SMPK Frater Don Bosco Tarakan yang merasa bahwa pembelajaran Matematika akan sangat menarik dan menyenangkan apabila etnomatematika dalam tari busak baku digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Etnomatematika, Tari Busak Baku Suku Dayak Lundayeh, Siswa SMP
This research aimed to (1) describe the elements of junior high school mathematics in the standard Busak Baku dance of the Dayak Lundayeh, (2) find out students' views of ethnomathematics in the standard Busak Baku dance of the Dayak Lundayeh tribe used as a context in junior high school mathematics learning. This research is qualitative research with an ethnographic approach. The research subjects were leaders, trainers, dancers at the Rasat Eco Dance Studio and three SMPK Frater Don Bosco Tarakan students. The data collection technique is interviews, observation and documentation, which is analyzed using data compression, data presentation, and drawing and verifying conclusions. The data obtained was validated using source triangulation. The research found that the ethnomathematics contained in the movements and floor patterns of the standard Busak Baku dance of the Dayak Lundayeh tribe are geometric concepts, namely angles, parallel lines, straight lines (horizontal) and flat shapes, rectangles, triangles, circles, obtuse triangles. Additionally, SMPK Frater Don Bosco Tarakan students claimed that math class will be very interesting and fun if ethnomathematics in Busak Baku dance are used in the learning. Keywords: Busak Baku Dance, Junior School Students