
Hubungan Program Taman Baca Masyarakat Dengan Literasi Baca-Tulis Anak Pada Rumah Baca Teras Perbatasan Desa Aji Kuning Pulau Sebatik
Pengarang : ANGRIYANI - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan Program Taman Baca Masyarakat terhadap Literasi Baca-Tulis Anak pada Rumah Baca Teras Perbatasan Desa Aji Kuning Pulau Sebatik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak didikan rumah baca teras perbatasan yang berjumlah 32 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability dengan teknik purposive sampling yang sampelnya sebanyak 20 anak. Kemampuan Literasi Baca-Tulis diukur dengan menggunakan keterampilan membaca dan keterampilan menulis berupa tes membaca cerita pendek dan soal uraian. Hasil nilai perolehan kemampuan membaca untuk nilai kriteria rendah yaitu kriteria (Baik) terdapat 5 anak dengan presentase 25% dan untuk nilai kriteria tertinggi yaitu kriteria (Sangat Baik) terdapat 15 anak dengan presentase 75% sedangkan nilai perolehan kemampuan menulis untuk kriteria rendah yaitu kriteria (Cukup) terdapat 3 anak dengan presetase 15% dan untuk nilai kriteria tertinggi yaitu kriteria (Sangat Baik) 14 anak dengan presentase 70%. Hubungan Rumah Baca Teras Perbatasan dengan Literasi Baca-Tulis diukur dengan menggunakan kusioner sebanyak 30 pernyataan. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi pearson product moment pada taraf signifikan 5% (N=20) sebesar 0,0881 dengan kriteria tingkat hubungan sangat kuat dengan nilai p value sebesar 0,000 nilai p value < 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang siginifikan antara program rumah baca teras perbatasan dengan literasi baca tulis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Terdapat hubungan yang signifikan dan keeratan yang kuat antara Program Rumah Baca Teras Perbatasan dengan Literasi Baca Tulis Di Desa Aji Kuning Pulau Sebatik”.
Kata Kunci : Hubungan, Literasi Baca-Tulis, Program Taman Baca Masyarakat
This research aims to determine the relationship between the Community Reading Garden Program and Children's Reading-Writing Literacy at the Teras Border Reading House in Aji Kuning Village, Sebatik Island. This research used a quantitative descriptive method. The population was all educated children at the border terrace reading house, which numbered 32. The sampling technique used nonprobability with a purposive sampling technique, which sampled 20 children. Reading-Writing Literacy Skills were measured using reading skills and writing skills in the form of short story reading tests and description questions. The results of the acquisition value of reading skills were the low criterion value, namely the criteria (Good), there were five children with a percentage of 25%, and for the highest criterion value, namely the criteria (Very Good), there were fifteen children with a percentage of 75%. In contrast, the acquisition value of writing skills was low criteria, namely the criteria (Fair). There were three children with a percentage of 15% for the highest criterion value, namely the criteria (Very Good), and fourteen children with a percentage of 70%. The relationship between the Teras Border Reading House and Reading-Writing Literacy was measured using a questionnaire of 30 statements. Based on the results of the Pearson product-moment correlation test analysis at a significant level of 5% (N=20) of 0.0881 with the criteria for a very strong relationship level with a p-value of 0.000 p-value < 0.05, which means that there was a significant relationship between the border terrace reading house program and literacy. Thus, it can be concluded that "There is a significant relationship and strong closeness between the Border Terrace Reading House Program and Literacy in Aji Kuning Village, Sebatik Island". Keywords: Relationship, Literacy, Community Reading Program