
Analisis Pengaruh Variasi Pegas CVT Pada Honda Beat (110CC) Menggunakan Penggerak Motor Listrik Tipe BLDC
Pengarang : Darmawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Konversi motor bakar ke motor listrik salah satu komponen utamanya adalah transmisi otomatis Continuously Variable Transmission (CVT). CVT berfungsi untuk mentransfer daya dari motor listrik ke roda belakang dengan menghubungkan puli primer dan puli sekunder menggunakan v-belt. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pegas optimal untuk CVT pada puli sekunder. Variasi pegas pada peneltian ini adalah 3,58 N/mm, 4,14 N/mm, dan 4,59 N/mm dengan pembebanan 56 kg dan 73 kg pada kendaraan. Roller pada puli primer tetap menggunakan bobot 12 gram. Analisis untuk pengambilan data adalah membandingkan ketiga pegas dengan 2 pembebanan berbeda untuk mendapatkan pegas dengan kecepatan optimal pada jarak 100 meter. Hasil pengujian lapangan didapatkan 3 pegas yang digunakan menunjukan pegas dengan konstanta 4,14 N/mm adalah pegas yang paling optimal pada puli CVT motor konversi listrik. Kecepatan pegas dengan konstanta 4,14 N/mm mampu menempuh jarak 100 m pada kecepatan 14,08 km/jam dengan pembebanan 73 kg dan 15,16 km/jam pada pembebanan 56 kg.
Kata kunci: CVT, Pegas, Kecepatan, Jarak, Beban.
The Continuously Variable Transmission (CVT) automatic transmission is one of the key elements in converting a combustion motorcycle to an electric motorcycle The primary pulley and secondary pulley of the CVT are connected by a v-belt to deliver power from the electric motor to the rear wheels. This study aimed to identify the best spring for a CVT on the secondary pulley. With a weight of 56 kg and 73 kg on the vehicle, the spring variations in this study were 3.58 N/mm, 4.14 N/mm, and 4.59 N/mm. The primary pulley's roller still weighted 12 grams. In order to choose the spring with the best speed at a distance of 100 meters, the analysis for gathering data compares the three springs with two different weights. The spring with a constant of 4.14 N/mm on the CVT pulley of the electric conversion motorcycle was found to be the most effective spring in field tests of the three used springs. With a weight of 73 kg, the spring speed with a constant of 4 14 N/mm might travel 100 m at a speed of 14.08 km/h and 15.16 km/h, respectively. Keywords: CVT, Springs, Speed, Distance, Load