
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Sazkia Nuspa - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel tangibles, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei dengan instrumen pertanyaan dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengukuran dalam kuesioner menggunakan skala likert 1 sampai 5. Metode penarikan sampel menggunakan rumus slovin dan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 29. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel tangibles berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, variabel realibility berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, variabel responseveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, variabel assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, variabel empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.
Kata kunci: Tangibles, Realibility,Responseveness, Assurance, Empathy, Kepuasan Mahasiswa
The aim of this research was to examine the influence of the variables tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy on student satisfaction at the Faculty of Economics, University of Borneo, Tarakan. The type of research used was quantitative with survey methods The question and data collection instrument used was a questionnaire. Questionnaire measurements used a Likert scale of 1 to 5. The sampling method used the Slovin formula and proportional random sampling technique with a sample size of 100 respondents. The analytical method used was multiple linear regression analysis processed using SPSS version 29. The results of hypothesis testing showed that the tangibles variable had a positive and significant effect on student satisfaction, the reliability variable had a negative and significant effect on student satisfaction, and the responsiveness variable had a positive and significant effect on student satisfaction, the assurance variable had a positive and significant effect on student satisfaction, and the empathy variable had a positive and significant effect on student satisfaction Keywords Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Student Satisfaction