
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Kessy Widorini Arisandi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu mengungkapkan situasi sosial tertentu dengan medeskripsikan kenyataan secara benar berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari pelaku yang diamati. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif yaitu mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 11 Tarakan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak tiga orang yang meliputi: (1) seorang siswa yang memiliki self confidence tingkat tinggi; (2) seorang siswa yang memiliki self confidence tingkat sedang; dan (3) seorang siswa yang memiliki self confidence tingkat rendah. Pengumpulan data dilakukan oleh peneliti sebagai instrument utama dan angket, tes, wawancara, serta dokumentasi sebagai instrument pendukung. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data berdasarkan triangulasi metode yang dilakukan dengan cara mengecek pada sumber yang sama tetapi menggunakan metode atau teknik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan self confidence tingkat tinggi mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan self confidence tingkat sedang hanya mampu memenuhi indikator 1 dan 2 pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan self confidence tingkat rendah kurang mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah matematis.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence
The purpose of this research was to describe the ability to solve mathematical problems from the perspective of students’ self confidence. This type of research was qualitative, that is to reveal a certain social situation by correctly describing the reality in the form of written and oral words from the observed objects. The approach used was a descriptive that described the ability to solve mathematical problems from the perspective of self confidence. The subjects of this study were students in grades VIII-2 at SMP Negeri 11 Tarakan, who were chosen using the purposive sampling technique in groups of up to three. These groups included students who had high self confidence, moderate self confidence, and low self confidence. Data collection was done by the researcher as the main instrument and questionnaires, tests, interviews, and documentation as supporting instruments. The analysis techniques used were data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Testing the validity of data based on the triangulation method involved looking at the same source using three separate methods, including an interview, a self confidence questionnaire, and a test of one’s ability to solve mathematical problems. According to the study’s findings, students who had a high level of self confidence were better able to meet the four criteria for solving mathematical problems. Students with a medium level of self confidence were only able to successfully complete indications 1 and 2 of mathematical problem solving. Students with low levels of confidence in their arithmetic skills had a harder time meeting all of the markers of math problem solving. Keywords: Mathematical Problem Solving Ability, Self Confidence