Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IX MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IX MTs Negeri Tarakan

Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IX MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Adelita Nur Apriliany - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan variabel bebas adalah kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di MTs Negeri Tarakan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 130 peserta didik dan responden yang digunakan 98 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan tes dan kuesioner/ dan dokumen hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda dan pengujian hipotesis uji t taraf signifikan α = 5% (0,026 < 0,05) maka H, diterima Ho ditolak dan uji f sig < a = 5 % atau 0,002 < 0,05 dan Fhitung = 6,449. Ftabel = 3,09 maka H, diterima Ho ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX MTS Negeri Tarakan dengan persamaan regresi Y = 52,270 + 0,366x1, dan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara self efficacy terhadap hasil belajar matematika kelas IX MTS Negeri Tarakan dengan persamaan regresi = 44,681 + 0,363x2. Hal ini juga menunjukkan hasil penelitian yang signifikan secara simultan terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas IX MTS Negeri Tarakan, dengan persamaan regresi regresi Ŷ 30,731 + 0,346x1 +0,337x2.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Seif Efficacy, Hasil Belajar Matematika

This research is quantitative research with a survey method. The dependent variable of this research is student learning outcomes and the independent variables are problem-solving ability and self-efficacy. This research was conducted in the odd semester of the 2022/2023 academic year at MTs Negeri Tarakan. The sample in this study was 130 students and the respondents were 98 students who were taken using techniques of simple random sampling. Data collection is used to distribute tests, and questionnaires/and learning outcome documents. The data analysis technique uses simple regression analysis and multiple regression and hypothesis testing at the t-test at a significant level a = 5% (0,026 < 0,05) for H, accepted Ho rejected and f test sig < a-5% or 0,002 < 0,05 and Fcount 6,449. Ftable = 3,09 so Ha accepted Ho rejected. The research results indicate that there is a partially significant influence between problem-solving abilities on the mathematics learning outcomes of class IX at MTS Negeri Tarakan with the regression equation Y 52,270 + 0,366 x1, and there is a partially significant effect between self-efficacy on the mathematics learning outcomes of class IX at MTS Negeri Tarakan using regression equations Y2 44,681 + 0,363x2. This also shows significant research results that simultaneously have an influence on problem-solving abilities and self-efficacy on mathematics learning outcomes in class IX at MTS Negeri Tarakan, with the regression equation Y = 30,731 + 0,346x1 + 0,337x2. Keywords: Problem-Solving Ability, Self-Efficacy, Mathematics Learning Outcomes

Detail Informasi